Tahap Perkembangan Bahasa

Tahap Perkembangan Bahasa - Secara umum, perkembangan keterampilan berbahasa pada individu dapat dibagi ke dalam empat komponen, yaitu:

Tahap Perkembangan Bahasa


1. Fonologi (phonology)
2. Semantik (semantics)
3. Tata bahasa (grammar), dan
4. Pragmatic (pracmatics)


Fonologi berkenaan dengan bagaimana individu memahami dan menghasilkan bunyi bahasa. Jika kita pernah mengunjungi daerah lain atau negara lain yang berhasanya tidak kita mengerti boleh jadi kita akan kagum, heran atau bingung karena bahasa orang asli di sana terdengar begitu cepat dan sepertinya tidak putus – putus antara satu kata dengan lain. Sebaliknya, orang asing yang sederhana belajar bahas kita juga sangat mungkin mengalami hambatan karena tidak familiar dengan bunyi – bunyi kata – kata dan pola intonasinya. Bagaimana sseorang memperoleh fasilitas kemampuan  memahami bunyi kata dan intonasi merupakan sejarah perkembangan fonologi.


Semantik merujuk kepada makna kata atau cara yang mendasari konsep – konsep yang diekspresikan dalam kata – kata atau kombinasi kata. Setelah selesai masa pra sekolah, anak – anak memperoleh sejumlah kata – kata baru dalam jumlah yang banyak. Penelitian intensif tentang perkembangan kosakata pada anak – anak diibaratkan oleh Berk (1989) sebagai sejauh mana kekuatan anak untuk memahami ribuan pemetaan kata – kata ke dalam konsep – konsep yang dimiliki sebelumnya meskipun belum terlabelkan dalam dirinya dan kemudian menghubungkannya dengan kesepakatan dalam bahasa masyarakatnya.


Pragmatic merujuk kepada sisi komunikatif dai bahasa. Ini berkenaan dengan bagaimana menggunakan bahasa dengan baik ketika berkominikasi dengan orang lain. Di dalamnya meliputi bagaimana mengambil kesempatan yang tepat, mencari dan menetapkan topik yang relevan, mengusahakan agar benar – benar komunikatif, bagaimana menggunakan bahasa tubuh, intonasi, suara dan menjaga konteks agar pesan – pesan verbal yang disampaikan dapat dimaknai secara tepat oleh penerimanya. Pragmatik juga mencakup di dalamnya pengetahuan sosioliguistik, yaitu bagaimana suatu bahasa harus di ucapkan dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Dilihat dari perkembangan umur kronologis yang dikaitkan dengan perkembangan kemampuan berbahasa individu, tahapan perkembangan bahasa dapat dibedakan ke dalam tahap – tahap sebagai berikut:

  • Tahap praliguistik atau meraba (0,3 – 1,0 tahun)

Pada tahap ini anak mengeluarkan bunyi  ujaran dalam bentuk ocehan yang mempunyai fungsi komunikati.


  • Tahap holofrastik atau kalimat satu kata (1,0 – 1,8 tahun )

Pada usia sekitar satu tahun anak mulia mengucapkan kata – kata. Satu kata yang diucapkan oleh anak – anak harus dipandang  sebagai suatu kalimat penuh. Mencakup aspek intelektual maupun emosional sebagai cara untuk menyatakan mau tidaknya terhadap sesuatu.

  • Tahap kalimat dua kata (1,6 – 2,0 tahun )
    Pada tahap ini anak mulai memiliki banyak kemungkinan untuk menyatakan kemauannya dan berkominikasi dengan menggunakan kalimat sederhana yang disebut dengan istilah “ kalimat dua kata “ yang dirangkai secara tepat. Misalnya, anak mengucapkan “ mobil – mobilan siapa?” atau bertanya “ itu mobil – mobilan  milik siapa?”, dan sebagainya.

  • Tahap pengembangan tata bahasa awal (2,0 – 5,0 tahun)

Pada tahap ini anak mulai mengembangkan tata bahasa, panjang kalimat mulai bertambah. Ucapan – ucapan yang dihasilkan semakin kompleks, dan mulai menggunakan kata jamak dalam kematangan perkembangan anak.

  • Tahap pengembangan tata bahasa lanjutan (5,0 – 10,0 tahun)

Pada tahap ini anak semakin mampu mengembangkan struktur tata bahasa yang kompleks lagi serta mampu menggabungkan kalimat – kalimat sederhana dengan komplementasi, relativasi, dan konjungsi.

  • Tahap kompetensi lengkap (11,0 tahun – dewasa )

Pada akhir masa kanak – kank perbendaharaan kata semakin meningkat,  gaya bahasa mengalami  perubahan, dan semakin lancar serta fasih dalam berkomunikasi. Keterampilan dan performasi tata bahasa terus berkembang kearah tercapainya kompetensi berbahasa secara lengkap sebagai perwujudan dari kompetensi komunikasi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 6/20/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Tahap Perkembangan Bahasa yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top