Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi men ye babkan kita dapat menerima informasi dan berita dari belahan bumi manapun dalam hitungan detik. Diorbitkannya satelit mendorong teknologi komunikasi berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, pada saat ini kita dapat memperoleh informasi dari ber bagai media, seperti internet, radio, telepon, dan televisi.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi


Perkembangan manusia dan hubungan antarnegara merupakan bentuk dari globalisasi karena globalisasi adalah proses hubungan sosial dan saling kebergantungan antarnegara dan antarmanusia di dunia. Menurut A.G. Mc Grew, globalisasi mengacu pada keberagaman hubungan dan saling keterkaitan antarnegara dan masya rakat yang membentuk sistem dunia modern.

Menurutnya, globalisasi adalah proses berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain. Misalnya, peperangan yang terjadi di Timur Tengah membawa pengaruh terhadap kenaik an harga minyak dunia, dan ini mengakibatkan negara-negara lain di dunia terkena akibatnya terutama dalam kehidupan ekonomi mereka.

Globalisasi secara umum memiliki beberapa ciri utama, yaitu:
a. meningkatnya saling kebergantungan antarnegara;
b. meningkatnya pergerakan informasi, ekonomi, politik, sosial, dan budaya;
c. meningkatnya penggunaan komunikasi dengan teknologi modern;
d. meningkatnya aliran modal internasional, seperti investasi langsung dari luar negeri;
e. meningkatnya pertukaran budaya, seperti melalui 􀃀 lm;
f. hilangnya sekat antarnegara menyebabkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang dikua sai negara superior (negara kuat) men dominasi negara-negara inferior (negara lemah);
g. pergerakan tersebut mengarah pada integrasi global yang dipimpin oleh negara yang menguasai perusahaan multinasional.

Globalisasi tidak hanya merambah bidang ekonomi, tetapi juga dalam semua aspek kehidupan. Globalisasi juga sangat terasa dalam bentuk perilaku sosial yang mengglobal. Hal ini dapat kita lihat dari gaya hidup para remaja. Banyak remaja di Indonesia menunjukkan cara berpakaian yang dipengaruhi oleh artis dari luar negeri. Perubahan pergaulan remaja tersebut, jelasdipengaruhi oleh kebudayaan dari negara lain. Oleh  karena itu, globalisasi tidak hanya membawa pengaruh positif, tetapi juga dapat membawa pengaruh negatif.

Pengaruh negatif dari globalisasi, seperti terjadinya ketim pangan dan ketidakadilan dalam bidang ekonomi antarnegara dan berkuasanya perusahaan multina sio nal yang akan semakin meng kerdilkan para pengusaha lokal atau nasional. Dengan adanya globalisasi, per sainganantara perusahaan nasional dan interna sional terlihat semakin jelas.

Dibentuknya organisasi internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan persekutuan dalam bidang ekonomi, seperti WTO dan APEC adalah salah satu sebab semakin terintegrasinya negara-negara di dunia. Kemudian, dengan dukungan teknologi ko mu nikasi, transportasi, serta semakin pesatnya per kembangan perusahaan multinasional membuat globali sasi semakin cepat.

Globalisasi dengan berbagai konsekuensinya tidak mungkin dihindari oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa jangan sampai dijadikan obyek atau menjadi penonton dalam proses globalisasi tersebut, tetapi bangsa Indonesia harus menjadi bagian dan memberikan pengaruh positif bagi terciptanya tatanan dunia global yang damai dan adil.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/30/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top