Motivasi Menulis

Jaringan Interaksi Unsur-Unsur Lingkungan (So Sio Biofisikal)

Jaringan Interaksi Unsur-Unsur Lingkungan (So Sio Biofisikal) - Dewasa ini dunia menghadapi suatu rentetan perma salahan yang sangat rumit, seperti penyediaan pangan dunia, pengangguran, hambatan dalam pengembangan industri, pengadaan energi dan bahan baku, pengem bangan sumber daya alam, kesempatan pendidikan, per kembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak terkendali, keserakahan perusahaan multinasional dalam mencari kekayaan alam, dan permasalah an pencemaran lingkungan hidup.

Jaringan Interaksi Unsur-Unsur Lingkungan

Keseluruhan permasalahan tersebut saling berkaitan dan pada hakikatnya bersumber pada rangkaian dari lima permasalahan pokok sebagai berikut.
  1. Pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang semakin terbatas.
  2. Dinamika kependudukan, di mana sejak abad 18, grafik kenaikan penduduk dunia sangat tajam.
  3. Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata.
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang apa bila tidak dilandasi oleh moral, akan me ngancam kese rasian kehidupan di dunia.
  5. Lingkungan hidup yang semakin jelek menyebabkan jaringan interaksi unsur lingkungan tidak berfungsi dengan baik.


Permasalahan pokok dunia tersebut apabila pena nganannya tidak tepat, akan saling berbenturan dan pada akhirnya akan bermuara pada kerusakan lingkungan hidup.

Keterkaitan antara keempat faktor ini dan keterkaitannya dengan ling kungan hidup semakin erat sehingga setiap permasalahan harus dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan dan sebagai permasalahan bersama.Gejala pertumbuhan penduduk yang cepat, baik di kota maupun desa, muncul karena berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan penduduk tidak hanya sekadar makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal saja, tetapi berkembang sesuai perkembangan kebudayaannya. Hal-hal yang pada mulanya kurang dibutuhkan, dewasa ini meningkat menjadi kebutuhan primer. Tingginya kebutuhan jumlah barang dan jasa memerlukan lebih banyak sumber daya alam sebagai salah satu faktor produksi dalam industri pengolahan. Jadi, dengan meningkatnya jumlah penduduk maka secara ekonomis barang dan jasa harus disediakan dalam jumlah banyak.

Hubungan antara peningkatan jumlah penduduk yang cepat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam usaha memenuhi kebutuhan penduduk maka sumber daya alam dan lingkungan alam semakin dimanfaatkan. Pertumbuhan ekonomi akan menghasilkan hal-hal sebagai berikut.

  1. Ketersediaan barang dan jasa meningkat sejalan de ngan pertumbuhan penduduk dan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Pemanfaatan sumber daya alam untuk memacu pertumbuhan ekonomi menyebabkan menipisnya sumber daya alam dan terjadinya pencemaran lingkungan.



Labels: geografi

Thanks for reading Jaringan Interaksi Unsur-Unsur Lingkungan (So Sio Biofisikal). Please share...!

0 Komentar untuk "Jaringan Interaksi Unsur-Unsur Lingkungan (So Sio Biofisikal)"

Back To Top