Motivasi Menulis

Contoh Laporan Operator Dapodik untuk Bukti Dukung PMM

Operator Dapodik adalah salah satu tugas tambahan yang dapat dipilih oleh guru dalam pengisian pengelolaan kinerja pada platform merdeka mengajar (PMM). PMM adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia. Dalam PMM, guru dapat membuat rencana hasil kerja (RHK) yang sesuai dengan minat dan pengembangan dirinya. RHK tersebut harus dilengkapi dengan bukti dukung yang dapat menunjukkan kinerja dan capaian guru.

Contoh Laporan Operator Dapodik untuk Bukti Dukung PMM


Salah satu bukti dukung yang harus disiapkan oleh guru yang memilih tugas tambahan sebagai operator Dapodik adalah laporan kegiatan operator Dapodik. Laporan ini berisi tentang apa saja yang telah dilakukan oleh operator Dapodik dalam mengisi, mengelola, dan melaporkan data pendidikan di sekolah melalui aplikasi Dapodik. Dapodik adalah sistem pendataan pendidikan yang terintegrasi secara nasional dan merupakan sumber data utama pendidikan di Indonesia.

Laporan kegiatan operator Dapodik harus mencakup hal-hal berikut:

- Pendahuluan, yaitu alasan mengapa guru memilih tugas tambahan sebagai operator Dapodik dan tujuan dari kegiatan tersebut.
- Sasaran, yaitu target yang ingin dicapai oleh operator Dapodik dalam mengelola data pendidikan di sekolah.
- Kegiatan, yaitu uraian tentang apa saja yang telah dilakukan oleh operator Dapodik dalam mengisi, mengelola, dan melaporkan data pendidikan di sekolah. Kegiatan ini dapat mencakup proses pengisian data, verifikasi data, penyimpanan data, pelaporan data, dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.
- Refleksi dan Tindak lanjut
- Penutup, yaitu kesimpulan dan saran dari operator Dapodik terkait dengan kegiatan yang telah dilakukan, serta harapan dan rencana untuk kegiatan selanjutnya.

Contoh Laporan Operator Dapodik untuk Bukti Dukung PMM

Laporan kegiatan operator Dapodik harus ditulis dengan bahasa yang jelas, lugas, dan sistematis. Laporan ini juga harus disertai dengan surat keputusan atau surat tugas sebagai operator Dapodik yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Laporan dan surat tersebut harus diunggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB.

Contoh laporan kegiatan operator Dapodik dapat dapat mendownload dengan klik tautan download di bawah ini. Laporan tersebut dapat dijadikan sebagai referensi atau inspirasi bagi guru yang ingin membuat laporan serupa. Namun, laporan tersebut tidak boleh disalin secara utuh, melainkan harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi sekolah masing-masing. Laporan yang asli dan orisinal akan lebih menunjukkan kinerja dan profesionalisme guru sebagai operator Dapodik.


Labels: pendidikan

Thanks for reading Contoh Laporan Operator Dapodik untuk Bukti Dukung PMM. Please share...!

0 Komentar untuk "Contoh Laporan Operator Dapodik untuk Bukti Dukung PMM"

Back To Top