Motivasi Menulis

Contoh Bukti Kehadiran Guru di Kelas untuk Bukti Dukung PMM

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah menyediakan bukti dukung yang valid dan relevan. Bukti dukung ini berfungsi sebagai dasar penilaian kinerja yang dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas, atau tim penilai lainnya.

Bukti Kehadiran Guru di Kelas
Bukti Kehadiran Guru di Kelas



Salah satu jenis bukti dukung yang harus disiapkan oleh guru adalah Dokumen Kehadiran Kelas. Dokumen ini berisi informasi tentang kehadiran guru sesuai dengan jadwal pelajaran, jumlah peserta didik yang hadir dan absen, serta kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam dan di luar kelas.

Berikut panduan cara unggah bukti dukung pada tahap Penilaian Kinerja :
  1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar (PMM).
  2. Silakan akses melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.
  3. Bagi Anda yang mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses
  4. Pengelolaan Kinerja melalui komputer atau laptop. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.
  5. Klik ‘Lakukan Penilaian’ untuk masuk ke halaman Penilaian Kinerja.
  6. Kemudian silakan klik ‘Kumpulkan’ untuk Anda dapat memulai mengunggah bukti dukung melalui halaman Kumpulkan Dokumen
  7. Selanjutnya klik ‘Unggah’ untuk mengunggah bukti dukung berupa dokumen Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) dan Kehadiran Kelas dari Perangkat Desktop atau laptop Anda.
  8. Kemdudian klik ‘Kumpulkan’. Kedua dokumen harus dikumpulkan pada saat yang bersamaan.
  9. Anda telah berhasil mengunggah bukti dukung berupa dokumen Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) dan Kehadiran Kelas

Dokumen Kehadiran Kelas memiliki peran penting sebagai bukti yang menunjukkan konsistensi, profesionalisme, dan kreativitas guru dalam melaksanakan tugasnya. Dokumen ini juga dapat menjadi bahan evaluasi dan refleksi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Baca Juga : Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat untuk PMM
Sebenarnya, jika melihat form kehadiran kelas, dapat tergambar kinerja utuh seorang guru dalam melaksanakan praktik pembelajaran. Terlebih, di dalamnya memuat kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, apa di dalam, atau di luar kelas.

Berikut adalah contoh Dokumen Kehadiran Kelas yang dapat dijadikan referensi bagi guru yang ingin membuatnya. Tentu saja, dokumen ini bukan patokan yang baku, dan guru dapat mengubah atau menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolahnya.


Labels: pendidikan

Thanks for reading Contoh Bukti Kehadiran Guru di Kelas untuk Bukti Dukung PMM. Please share...!

0 Komentar untuk "Contoh Bukti Kehadiran Guru di Kelas untuk Bukti Dukung PMM"

Back To Top