Motivasi Menulis

Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat untuk PMM

Salah satu Rencana Hasil Kerja (RHK) yang dapat dipilih oleh guru dalam pengisian pengelolaan kinerja pada platform merdeka mengajar (PMM) adalah menjadi observer pada proses pembelajaran rekan sejawat. PMM adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru di Indonesia. Dalam PMM, guru dapat membuat rencana hasil kerja (RHK) yang sesuai dengan minat dan pengembangan dirinya. RHK tersebut harus dilengkapi dengan bukti dukung yang dapat menunjukkan kinerja dan capaian guru.

Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat untuk PMM


Bukti dukung yang harus disiapkan oleh guru yang memilih RHK tersebut sebagai observer adalah laporan observasi proses pembelajaran rekan sejawat. Laporan ini berisi tentang apa saja yang telah dilakukan oleh observer dalam mengamati, menilai, dan memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh rekan sejawat di sekolah. Proses pembelajaran yang diamati mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut.

Laporan observasi proses pembelajaran rekan sejawat harus mencakup hal-hal berikut:

  • Identitas observer dan rekan sejawat yang diamati, yaitu nama, sekolah, mata pelajaran, kelas, dan waktu observasi.
  • Lembar pengesahan
  • Instrumen observasi, yaitu alat yang digunakan oleh observer untuk mengamati dan menilai proses pembelajaran rekan sejawat. Instrumen observasi dapat berupa lembar observasi, rubrik, checklist, atau skala penilaian.
  • Hasil observasi, yaitu deskripsi dan analisis tentang proses pembelajaran rekan sejawat yang diamati. Hasil observasi dapat mencakup kekuatan, kelemahan, dan saran perbaikan untuk rekan sejawat.
  • Umpan balik, yaitu tanggapan dan masukan yang diberikan oleh observer kepada rekan sejawat setelah observasi. Umpan balik dapat berupa pujian, kritik, atau saran yang bersifat konstruktif dan mendukung perkembangan profesional rekan sejawat.
  • Penutup, yaitu kesimpulan dan harapan dari observer terkait dengan observasi yang telah dilakukan, serta rencana untuk observasi selanjutnya.

Laporan observasi proses pembelajaran rekan sejawat harus ditulis dengan bahasa yang jelas, lugas, dan sistematis. Laporan ini juga harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, seperti foto, video, atau dokumen yang relevan dengan observasi. Laporan dan bukti-bukti pendukung tersebut harus diunggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB.

Contoh laporan observasi proses pembelajaran rekan sejawat dapat di download melalui link di bawah ini. Laporan tersebut dapat dijadikan sebagai referensi atau inspirasi bagi guru yang ingin membuat laporan serupa. Namun, laporan tersebut tidak boleh disalin secara utuh, melainkan harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi sekolah masing-masing. Laporan yang asli dan orisinal akan lebih menunjukkan kinerja dan profesionalisme guru sebagai observer.

Labels: pendidikan

Thanks for reading Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat untuk PMM. Please share...!

0 Komentar untuk "Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat untuk PMM"

Back To Top