Motivasi Menulis

Contoh Format Rubrik Observasi Kinerja Guru

Observasi kinerja guru adalah salah satu cara untuk menilai kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Observasi kinerja guru dapat membantu guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya, serta memberikan umpan balik dan rekomendasi dari kepala sekolah atau pengawas.

Contoh Format Rubrik Observasi Kinerja Guru

Untuk melakukan observasi kinerja guru, diperlukan format rubrik yang komprehensif dan sesuai dengan standar nasional. Format rubrik observasi kinerja guru harus mencakup aspek-aspek penting dalam pembelajaran, seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut.
Format rubrik observasi kinerja guru harus disusun sesuai dengan standar nasional pendidikan dan standar kompetensi guru. Format rubrik observasi kinerja guru harus mencakup semua komponen yang relevan dalam pembelajaran, seperti materi, metode, media, sumber belajar, interaksi, penilaian, dan umpan balik.

Format rubrik observasi kinerja guru dapat membantu guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya, serta memberikan umpan balik dan rekomendasi dari kepala sekolah atau pengawas. Format rubrik observasi kinerja guru juga dapat membantu kepala sekolah atau pengawas untuk memberikan bimbingan dan supervisi yang efektif kepada guru.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan observasi kinerja guru, berikut ini kami sajikan beberapa contoh format rubrik observasi kinerja guru yang dapat Anda download dan gunakan:

Download Format Rubrik Observasi Kelas

Untuk diketauhui, Rubrik Observasi Kelas digunakan untuk mengukur ketercapaian guru dalam menjalankan tugas hasil kerja utama dalam pengelolaan kinerja di PMM.
Berdasarkan Peraturan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah diperlukan rubrik observasi sebagai data dukung.

Berikut ini bentuk Rubrik Observasi kelas:


1. Formulir A

Formulir A merupakan formulir dalam Rubrik Observasi Kelas guru yang memuat terkait aktifitas diskusi persiapan observasi yang dilakukan guru dengan seorang supervisor.

2. Formulir B

Formulir B merupakan formulir Rubik Observasi Kelas guru yang memuat terkait aktifitas pelaksanaan observasi kinerja guru.

3. Formulir C

Formulir C merupakan formulir Rubrik observasi kelas guru yang memuat terkait aktifitas tindak lanjut observasi kinerja guru.
Untuk contoh format Rubrik Observasi Kelas guru sebagai Bukti Dukung pada Pengelolaan Kinerja PMM 2024 bisa diunduh pada link di bawah ini.

Labels: pendidikan

Thanks for reading Contoh Format Rubrik Observasi Kinerja Guru. Please share...!

1 komentar on Contoh Format Rubrik Observasi Kinerja Guru

  1. Izin Pak, boleh mnt contohnya. Terima kasih 🙏🙏

    BalasHapus

Back To Top