Motivasi Menulis

Contoh Laporan Wali Kelas untuk Bukti Dukung PMM

Memahami contoh laporan wali kelas di PMM sangat bermanfaat bagi guru dalam merancang dan mengirimkan bukti dukung tugas tambahan. Tugas tambahan dapat menjadi poin plus dalam penilaian kinerja guru.

Contoh Laporan Wali Kelas

Bagaimana Menyusun Laporan Wali Kelas di PMM yang Baik dan Benar?

Apakah Anda seorang guru yang juga menjadi wali kelas? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui bagaimana menyusun laporan wali kelas di PMM yang baik dan benar. Laporan wali kelas adalah salah satu bukti dukung tugas tambahan yang harus Anda unggah dalam Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Apa itu Tugas Tambahan Guru?

Tugas tambahan guru adalah peran dan tanggung jawab ekstra yang diemban guru di samping tugas utamanya sebagai pendidik. Tugas tambahan bersifat opsional dan dapat dipilih lebih dari satu oleh guru sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Tugas tambahan guru dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian kinerja guru. Penilaian kinerja guru dilakukan melalui PMM, sebuah platform digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Apa itu Wali Kelas?

Wali kelas adalah salah satu tugas tambahan guru yang paling umum dan penting. Wali kelas adalah guru yang bertanggung jawab atas pengelolaan kelas, baik dalam hal akademik, sosial, maupun emosional. Wali kelas juga berperan sebagai penghubung antara siswa, orang tua, dan sekolah.

Bagaimana Menyusun Laporan Wali Kelas di PMM?

Dalam menjalankan tugas sebagai wali kelas, guru wajib membuat laporan tugas pelaksanaan setiap periode jabatan. Laporan tersebut diunggah sebagai bukti dukung dalam PMM. Laporan wali kelas terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

  • Rencana Hasil Kerja (RHK): RHK adalah dokumen yang berisi rencana aksi yang akan dilakukan oleh wali kelas untuk meningkatkan kinerja siswa di kelasnya. RHK mencakup tujuan, sasaran, indikator, strategi, kegiatan, waktu, dan anggaran yang dibutuhkan. RHK harus disusun secara SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound).
  • Laporan Hasil Kerja (LHK): LHK adalah dokumen yang berisi hasil evaluasi dan refleksi dari pelaksanaan RHK. LHK mencakup capaian, kendala, solusi, dan rekomendasi yang diperoleh dari kegiatan wali kelas. LHK harus disusun secara objektif, akurat, dan jujur.

Contoh Laporan Wali Kelas di PMM

Berikut ini adalah contoh laporan wali kelas di PMM yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Silahkan download melalui link dibawah ini:

DOWNLOAD DISINI

Labels: pendidikan

Thanks for reading Contoh Laporan Wali Kelas untuk Bukti Dukung PMM. Please share...!

2 komentar on Contoh Laporan Wali Kelas untuk Bukti Dukung PMM

Back To Top