Motivasi Menulis

Pembinaan Keberagaman Budaya yang Ada di Masyarakat Setempat (1)

Pembinaan Keberagaman Budaya yang Ada di Masyarakat Setempat - Indonesia merupakan himpunan masyarakat yang terdiri atas aneka suku bangsa yang mengikat diri sebagai satu bangsa, Indonesia. Menurut salah satu taksiran, ada lebih dari 500 suku bangsa yang hidup di Indonesia. Sensus 1930 mencatat 300 suku bangsa tanpa menghitung Irian Jaya. Suku-suku bangsa di Indonesia beraneka ragam corak dan tingkat kebudayaan nya. Ada suku bangsa yang secara sosial, ekonomi, dan politik telah berkembang dan mengenal sistem kerajaan; ada pula sukubangsa-sukubangsa yang secara sosial, ekonomi, dan politik masih hidup dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan atas aturan kekerabatan dan hidup dari berburu dan mengumpulkan makanan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk.

Keragaman Budaya di Indonesia

Parsudi Suparlan mendefinisikan masyarakat majemuk sebagai sebuah masyarakat yang terdiri atas kumpulan orang-orang atau kelompok-kelompok yang berbaur, tetapi tidak menjadi satu. Setiap kelompok mempunyai agama, kebudayaan, dan bahasa juga tujuan dan cara hidup yang relatif mandiri. Sebagai individu, mereka saling bertemu namun hanya di pasar.

Masyarakat majemuk di Indonesia menghadapi seputar hubungan antara pemerintahan negara dan masyarakat suku bangsa sebagai rakyat negaranya. Hubungan antara suku bangsa yang berbeda kebudayaannya, termasuk perbedaan keyakinan keagamaan serta masalah hubungan di antara sesama warga masyarakat di tempat-tempat umum.

Bangsa Indonesia dengan masyarakat majemuknya sebenarnya sangat rawan terhadap potensi disintegrasi. Potensi disintegrasi itu dapat setiap saat muncul yang disebabkan oleh ketidakadilan dalam pemerataan pembangunan. Mengenai hal ini masih segar dalam ingatan kita tentang usulan pemisahan diri dari beberapa daerah “kaya”, di antaranya Riau, Aceh, dan Papua. Demikian juga berbagai konflik antaretnis di Maluku, Sambas, Poso, dan beberapa daerah lain merupakan pelajaran yang sangat berharga sebagai sebuah bangsa. Oleh karena itu, usaha memajukan kebudayaan nasional dari masyarakat yang majemuk harus diikuti dengan pemerataan kesejahteraan bersama.

Labels: antropologi

Thanks for reading Pembinaan Keberagaman Budaya yang Ada di Masyarakat Setempat (1). Please share...!

0 Komentar untuk "Pembinaan Keberagaman Budaya yang Ada di Masyarakat Setempat (1)"

Back To Top