-->
Motivasi Menulis

Tujuan Evaluasi Pendidikan

Tujuan Evaluasi Pendidikan - Evaluasi pendidikan adalah kegiatan menilai yang terjadi dalam kegiatan pendidikan.Pada penilaian disekolah, guru ataupun pengelola pengajaran mengadakan penilaian dengan maksud melihat apakah usaha yang dilakukan melalui pengajaran sudah mencapai tujuan.

Tujuan Evaluasi Pendidikan

Daryanto (2011, hal. 7)Jika digambarkan dalam bentuk diagram akan terlihat sebagai berikut :

a. Input
Yaitu bahan mentah yang dimasukkan kedalam transformasi. Dalam dunia sekolah maka yang dimaksud dengan bahan mentah adalah calon siswa baru akan memasuki sekolah. Sebelum memasuki suatu tingkat (institusi), calon siswa itu dinilai dahulu kemampuannya. Dengan evaluasi itu ingin diketahui apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan kepadanya.

b. Output
Yaitu bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi.Yang dimaksud dalam pembicaraan ini adalah siswa lulusan sekolah yang bersangkutan. Untuk dapat menentukan apakah seorang siswa berhak lulus  atau tidak, perlu diadakan kegiatan evaluasi.

c. Transformasi
Yaitu mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi.Dalam dunia sekolah, sekolah itulah yang dimaksud dengan transformasi.

d. Umpan balik
Yaitu segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi. Umpan balik ini diperlukan sekali untuk memperbaki input maupun trasformasi. Lulusan yang kurang bermutu atau yang belum memenuhi harapan, akan menggugah semua pihak untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan penyebab kurang bermutunya lulusan.

Tujuan umum melakukan evaluasi dalam proses belajar mengajar adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat pencapaian tujuan instruksional oleh siswa sehingga dapat diupayakan tindak lanjutya. Tindak lanjut termaksud merupakan fungsi evaluasi, yaitu:(Daryanto, 2011, hal. 11)
1. Penempatan pada tempat yang tepat,
2. Pemberian umpan balik,
3. Diagnosis kesulitan belajar siswa, atau
4. Penentuan kelulusan.

Siti Rogayah - www.sitirogayah.com
Labels: Evaluasi Pendidikan

Thanks for reading Tujuan Evaluasi Pendidikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Tujuan Evaluasi Pendidikan"

Back To Top