Pengertian dan Fungsi Pelayanan Bimbingan Kelompok

Pengertian dan Fungsi Pelayanan Bimbingan Kelompok - Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan yang dilaksanakan oleh Guru BK/Konselor kepada siswa dengan  format kelompok. Kelompok dapat terdiri dari 8-12 siswa dengan anggota kelompok yang heterogen. Layanan bimbingan kelompok bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, hubungan sosial, dan lain-lain. Layanan ini akan membahas topi-topik yang akan bermanfaan bagi pengembangan KES siswa. Pelaksanaan pelayanan bimbingan kelompok dapat dilakukan dengan memilih topik baik secara bebas maupun topik tugas. Guru BK/Konselor akan menjadi pemimpin kelompok yang bertugas memandu jalannya pelaksanaan bimbingan kelompo tersebut.

Pengertian dan Fungsi Pelayanan Bimbingan Kelompok


Pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat dilaksanakan melalui kegiatan Home Room yang berfungsi untuk penyampaian informasi dan pengembangan, psikodrama yang berfungsi untuk keperluan terapi untuk masalah-masalah psikologis, sosiodrama yang berfungsi untuk keperluan terapi bagi masalah-masalah konflik-sosial.

Menurut amti (1992: 108) bahwa tujuan bimbingan kelompok terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus. Secara umum bimbingan kelompok betujuan untuk membantu para siswa yang mengalami masalah melalui prosedur kelompok. Selain itu juga menembangkan pribadi masing-masing anggota kelompok melalui berbagai suasana yang muncul dalam kegiatan itu, baik suasana yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Secara khusus bimbingan kelompok bertujuan untuk:
  • Melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat di hadapan teman-temannya.
  • Melatih siswa dapat bersikap terbuka di dalam kelompok Melatih siswa untuk dapat membina keakraban bersama temanteman dalam kelompok khususnya dan teman di luar kelompok pada umumnya.
  • Melatih siswa untuk dapat mengendalikan diri dalam kegiatan kelompok.
  • Melatih siswa untuk dapat bersikap tenggang rasa dengan oran lain.
  • Melatih siswa memperoleh keterampilan sosial Membantu siswa mengenali dan memahami dirinya dalam hubungannya dengan orang lain.
Fungsi dari layanan bimbingan kelompok diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memberi kesempatan yang luas untuk berpendapat dan memberikan tanggapan tentang berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitar.
  2. Mempunyai pemahaman yang efektif, objektif, tepat, dan cukup luas tentang berbagai hal tentang apa yang mereka bicarakan. 
  3. Menimbulkan sikap yang positif terhadap keadaan sendiri dan lingku
  4. ngan mereka yang berhubungan dengan hal-hal yang mereka bicarakan dalam kelompok.Menyusun progran-program kegiatan untuk mewujudkan penolakan terhadap sesuatu hal yang buruk dan memberikan dukungan terhadap sesuatu hal yang baik.
  5. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang nyata dan langsung untuk membuahkan hasil sebagaimana apa yang mereka programkan semula.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 6/12/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian dan Fungsi Pelayanan Bimbingan Kelompok yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top