-->
Motivasi Menulis

Perpindahan Kalor secara Radiasi

Perpindahan kalor pada zat padat (konduksi) dan zat cair (konveksi) terjadi karena getaran partikel zat dan aliran partikel zat. Pada konduksi dan konveksi diperlukan adanya zat perantara untuk memindahkn kalor. Dapatkah kalor dipindahkan tanpa adanya zat perantara? Kenyataan yang kita alami setiap hari kita dapat merasakan panas dari sinar matahari. Antara bumi dan matahari terdapat ruang hampa yang berarti tidak ada zat perantara. Perambatan kalor dari matahari ke bumi disebutradiasi.

Perpindahan Kalor secara Radiasi


Sinar matahari sampai ke bumi dalam bentuk pancaran gelombang elektromagnet. Gelombang elektromagnet adalah gelombang yang terbentuk oleh getaran listrik dan getaran magnet yang saling tegak lurus, artinya apabila cahaya bergerak maju maka arah getaran gelombang listriknya ke atas-bawah dan arah gelombang magnetnya ke kiri-kanan.

Cahaya tampak dari matahari hanya merupakan salah satu dari gelombang elektromagnet. Termasuk gelombang elektromagnet antara lain:

sinar gamma, sinar X, gelombang radio, gelombang TV, gelombang radar, gelombang cahaya dan sebagainya. Gelombang elektromagnet mempunyai kecepatan yang sangat besar yaitu 3x108 m/s, artinya dalam waktu 1 detik gelombang elektromagnet menempuh jarak 300.000.000 meter. Jarak di jagad raya tidak diukur menggunakan satuan meter karena akan menghasilkan angka yang besar. Pengukurannya menggunakan jarak perjalanan cahaya (gelombang elektromagnet). Jarak 1 tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya atau gelombang elektromagnet selama 1 tahun.

Benda-benda yang ada di alam sangat berbeda daya serap dan daya pancarannya terhadap radiasi. Apabila kalian di pedesaan, kalian akan dapat membedakan mengapa kerbau yang warnanya hitam tidak tahan di jemur di terik matahari dibandingkan dengan sapi yang berwarna putih. Atau kalian dapat membuktikan, lebih panas manakah menggunakan pakaian hitam atau pakaian putih jika berjemur di matahari?
Labels: IPA

Thanks for reading Perpindahan Kalor secara Radiasi. Please share...!

0 Komentar untuk "Perpindahan Kalor secara Radiasi"

Back To Top