Keyakinan-keyakinan Akan Dunia yang Adil

Keyakinan-keyakinan akan dunia yang adil - Para pakar psikologi selanjutnya menganjurkan bahwa keyakiann-keyakinan akan suatu dunia yang adil mengesahkan sikap yang menyalahkan korban. Penelitian menunjukkan banyak orang yakin bahwa ada suatu korelasi yang positif antara harga dan nasib individu, yaitu suatu hubungan antara kebaikan dan hadiah (Rubin & Peplau, 1975, dalam DuBois & Miley, 2005: 152). Kesamaannya, mereka sama-sama memahami suatu relasi antara kejahatan dan penderitaan. Ketika manusia melihat penderitaan, mereka sering menyimpulkan bahwa penderitaan itu ialah suatu ilusi, yang terlalu dibesar-besarkan, atau bahwa korban itu sendri yang harus disalahkan. Yang menarik ialah, penderitaan cenderung dilihat sebagai “adil” ketika orang yang menarik kesimpulan ini bukanlah orang yang sedang menderita itu.

diperukan suatu pemimpin yang adil

Janis dan Rodin (1980) menghipotesiskan bahwa hampir setiap orang harus yakin bahwa manusia benar-benar mendapatkan apa yang ia berhak mendapatkannya. Kajian-kajian membuktikan bahwa keyakinan akan suatu dunia yang adil berkaitan dengan kecenderungan untuk menghinakan para korban ketidakadilan social, khususnya kaum perempuan, kaum Kulit Hitam, dan kaum miskin (Lerner, 1965; Lerner & Simmons, 1966, dalam DuBois & Miley, 2005: 152). 

Pada serangkaian kajian yang dilakukan di Inggris, menunjukkan ada hubungan yang signifikan secara statistik antara skor pada keyakinan akan suatu dunia yang adil dengan skor yang berkaitan dengan penghinaan terhadap para korban termasuk siap-sikap negatif terhadap kaum miskin (Wagstaff, 1983, dalam DuBois & Miley, 2005: 152). Penelitian itu memperlihatkan bahwa keyakinan akan suatu dunia yang adil berkorelasi negatif dengan derajat aktivisme sosial: Semakin kuat memegang keyakinan-keyakinan akan suatu dunia yang adil diramalkan semakin rendah derajat aktivisme sosial. Keyakinan akan suatu dunia yang adil nampaknya menyumbang bagi “memburuknya ketidakadilan sosial” (Rubin & Peplau, 1975: 83, dalam DuBois & Miley, 2005: 152).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/16/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Keyakinan-keyakinan Akan Dunia yang Adil yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top