Motivasi Menulis

Pengertian Penilaian Diri (Self Assessment)

Pengertian Penilaian Diri (Self Assessment) - Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian di mana peserta ddik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetisi yang dipelajarinya. Teknik penilaian diri dapat digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor.


Penilaian diri

  1. Penilaian kompetensi kognitif di kelas, misalnya : peserta didik diminta untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikirnya sebagai hasil belajar dari suatu mata pelajaran tertentu. Penilaian diri peserta didik didasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
  2. Penilaian kompetensi afektif, misalnya: peserta didik dapat diminta untuk membuat tulisan yang memuat curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk melakukan penilaian berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
  3. Berkaitan dengan penilaian kompetensi psikomotorik, peserta didik diminta untuk menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Penggunaan teknik ini dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Keuntungan penggunaan penilaian diri di kelas antara lain:

  • dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserat didik, karena ketika mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri;
  • peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya, karena ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan penialain, harus melakukan intropeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya;
  • dapat mendorong, membiasakan, dan melatih peserta untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian.

Labels: Evaluasi Pendidikan, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Penilaian Diri (Self Assessment). Please share...!

1 komentar on Pengertian Penilaian Diri (Self Assessment)

  1. pemilaian diri sangat penting untuk peserta didik karena mengukur kognitif, afektif dan psikomotorik.

    BalasHapus

Back To Top