Pengertian Iklim Koppen


Pengertian Iklim Koppen - Iklim Koppen adalah iklim yang berdasarkan suhu bulanan, tahunan, dan curah hujan rata-rata. Penyebaran iklim secara horizontal. Batas pembagian iklim ditentukan oleh batas tumbuh-tumbuhan. Curah hujan dan penguapan sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan vegetasi. Tingginya intensitas penguapan menyebabkan air tanah dan tanaman hilang.

Iklim Koppen

Bagian dari curah hujan yang menguap tidak bermanfaat lagi bagi pertumbuhan vegetasi sehingga batas daerah iklim ditentukan oleh batas hidup tumbuh-tumbuhan adanya vegetasi lokal merupakan perwujudan keseluruhan iklim yang ada.

Untuk menentukan ciri temperatur hujan dan ciri hujan digunakan huruf-huruf besar dan huruf-huruf kecil sebagai berikut. A : Temperatur normal dari bulan-bulan yang terdingin paling rendah 18oC.

Suhu tahunan 20o - 25oC dengan curah hujan rata-rata setahun ± 60 cm.
B : Temperatur normal bulan-bulan yang terdingin di antara 18o - 33oC.
C : Temperatur bulan-bulan terdingin di bawah 3oC.
D : Temperatur bulan-bulan terpanas di atas 0oC.
E : Temperatur bulan terpanas di bawah 10oC.
F : Temperatur bulan terpanas di antara 0o - 10oC.
G : Temperatur bulan terpanas di bawah 0oC.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11/08/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Iklim Koppen yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top