Motivasi Menulis

Perilaku Seksual di Luar Nikah

Perilaku seksual di luar nikah terjadi sebagai akibat keinginan yang muncul dari setiap remaja yang belum masanya, akibat rangsangan dari buku bacaan porno, film yang tidak layak ditonton, atau kebebasan bergaul antara dua pemuda yang berlainan jenis. Hal ini dapat disebabkan adanya dorongan dari luar untuk munculnya rangsangan yang tidak dikehendaki, seperti:

Larangan perilaku seksual di luar nikah


  1. imitasi terhadap pola kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial bangsa sendiri;
  2. longgarnya pengawasan sosial dari orangtua atau masyarakat terhadap bacaan atau film-film cabul;
  3. adanya orang yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja memperjualbelikan barang-barang yang bersifat cabul kepada seseorang karena keuntungan bersifat materil semata.


Masalah hubungan seksual pranikah pada para remaja sangat menghawatirkan. Hubungan terjadi karena pemahaman yang salah atas modernisasi, kebebasan, dan hak individual. Hubungan seksual pranikah tidak dapat dibenarkan dalam norma etika, susila, terlebih lagi pada norma agama. Jika perilaku seksual di luar nikah dilakukan oleh pelajar, akan terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki atau memiliki anak pada usia muda. Akibatnya, pendidikannya akan terhambat sehingga peluang untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi hampir tidak ada.

Perilaku ini sangat berpengaruh pada masyarakat karenanya masyarakat merasa terganggu. Hal ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar, juga menjadi masalah di kota kecil. Dengan demikian, diperlukan adanya penertiban terhadap barang-barang yang berbau cabul yang tersebar di masyarakat.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Perilaku Seksual di Luar Nikah. Please share...!

0 Komentar untuk "Perilaku Seksual di Luar Nikah"

Back To Top