Tujuan Penelitian dan Fungsi Laporan Penelitian

Tujuan Penelitian dan Fungsi Laporan Penelitian  - Karena fungsi laporan penelitian adalah untuk berkomunikasi dengn orang lain, maka laporan semacam ini harus dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain. Dengan demikan, dalam menulis laporan tersebut perlu diingat siapa yang akan membacanya (audience). Laporan untuk kalangan ilmuwan berbeda dengan laporan untuk  biokrat dan berbeda pula untuk masyarakat awam. Perlu ditekankan di sisni bahwa siapa pun pembacanya, bahasa yang digunakan harus jelas dan mengikuti aturan tata bahasa yang benar. Kalimat-kalimat yang sederhana tetapi jelas akan lebih berguna daripada kalimat yang kompleks dan panjang tetapi tidak jelas maksudnya. 

Laporan penelitian ilmiah yang disebut juga laporan penelitian atau laporan ilmiah. Laporan penelitian ilmiah ialah karya tulis ilmiah yang disusun melalui tahap–tahap berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati ole para ilmuwan. Laporan ilmiah pada hakikatnya menyajikan kebenaran ilmiah hasil penelitian, pengamatan dan hasil analisis yang cermat. 

Laporan bukan hasil penelitian ilmiah merupakan laporan tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi seperti laporan keuangan, inventaris dan lain-lain.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/29/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Tujuan Penelitian dan Fungsi Laporan Penelitian yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top