Motivasi Menulis

Pengertian Menu Seimbang

Pengertian Menu Seimbang - Pedoman umum gizi seimbang harus diaplikasikan dalam penyajian hidangan yang memenuhi syarat gizi yang dikenal dengan menu seimbang. Menu berasal dari kata "MENU" yang berarti suatu daftar tertulis secara rinci. Sedangkan defenisi menu adalah rangkaian beberapa macam hidangan atau masakan yang disajikan atau dihidangkan untuk seseorang atau sekelompok orang untuk setiap kali makan, yaitu dapt berupa hidangan pagi, siang, dan malam. Hidangan dalam satu hari idealnya terdiri dari 3 kali makan utama dan dua kali makanan selingan atau snack.

Menu Seimbang


Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.

Pola menu seimbang mulai dikembangkan pada tahun 1950 dengan istilah "empat sehat lima sempurna". 

Khusus untuk bayi dan balita, pengertian seimbang tidak sama dengan pengertian seimbang untuk dewasa. Persentase kebutuhan lemak pada bayi lebih tinggi dibandingkan ornag dewasa sehingga makanan yang disajikan harus mengandung sumber lemak  dengan persentase yang lebih besar. Sebaliknya, asupan lemak bagi orang dewasa harus dibatasi tidak lebih dari 20% dari total kebutuhan kalori, dan disarankan bersumber dari lemak tak jenuh.
Labels: Biologi, mikrobiologi

Thanks for reading Pengertian Menu Seimbang. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Menu Seimbang"

Back To Top