-->
Motivasi Menulis

Pengertian Laporan Penelitian

Pengertian Laporan Penelitian - Laporan penelitian merupakan laporan ilmiah, untuk untuk itu maka harus dibuat secara sistematis dan logis pada setiap bagian , sehingga pembaca mudah memahami langkah-langkah yang telah ditempuh dalam penelitian, dan hasilnya. Karena sifatnya ilmia maka harus replicable, yaitu harus bisa diulangi oleh orang lain yang akan membuktikan hasil penemuan dalam penelitian itu.  

Pengertian Laporan Penelitian

Muara dari semua kegiatan penelitian adalah penyusunan laporan hasil penelitian. Dalam penelitian terapan penyusunan laporan penelitian sangat penting artinya, karena merupakan awal bagi pembuktian kualitas penelitian guna menilai ketepatannya dalam menyelesaikan masalah secara nyata. Penelitian terapan tampaknya telah selesai pada saat laporan hasilnya disampaikan, namun dalam kenyataan kegiatannya masih akan berkelanjutan, karena yang terpenting adala penerapan atau pendayagunaan hasilnya.

Laporan berdasarkan isinya dapat dibedakan menjadi :

  • Laporan ilmiah

Laporan ilmiah atau biasanya disebut laporan hasil penelitian ilmiah merupakan salah satu laporan yang disusun dengan melalui tahapan-tahapan tertentu serta dengan metode dan teori tertentu.

  • Laporan teknis

Laporan teknis atau laporan tentang hal teknis merupakan laporan tentang penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi. Seperti : laporan mengenai keadaan personil, laporan keuangan, dan sebagainya.

Jenis fakta yang digunakan laporan yaitu benda, kesaksian, tabel, dan sebagainya. Itulah penjelasan tentang pengertian laporan.

Fungsi Laporan
Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian laporan, berikut fungsi laporan antara lain :

  • Fungsi pertanggungjawaban.
  • Fungsi dokumentasi.
  • Fungsi informasi.



Labels: Metode Penelitian

Thanks for reading Pengertian Laporan Penelitian. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Laporan Penelitian"

Back To Top