Teori Pembentukan Tata Surya

Teori Pembentukan Tata Surya - Diduga kelahiran planet dari wujud yang sama dengan matahari atau planet lahir dari matahari. Fakta menunjukkan bahwa planet-planet terletak pada bidang yang mendekati datar. Ada beberpa teori pembentukan tata surya, diantaranya yang terkenal adalah hipotesis kabut atau teori kondensasi (pengentalan) yang dikemukakan oleh filosof Jerman, Immanuel Kant pada tahun  1755, kemudian dikembangkan oleh ahli matematika Prancis, Pierre Laplace pada tahun 1796.

Menurut teori kondensasi, matahari dan planet-planet berasal dari kabut pijar yang berpilin di dalam jagad raya. Karena perputaran, maka sebagian massa kabut terlepas dan membentuk gelang-gelang di sekeliling bagian utama gumpalan kabut tersebut. Selanjutnya gelang tersebut lambat laun membentuk gumpalan, kemudian memadat menjadi planet. Karena pemadatan dan putaran yang terus menerus maka terjadi bentuk dasar matahari yang dikelilingi material yang akan menjadi planet.

Hipotesis kabut kemudian dikembangkan oleh Karl Von Weiszacker dan Gerad P. Kuiper pada tahun 1940-an yang disebut “teori vorteks (pusaran)”. Dua gagasan dikembangkan dalam teori ini: pertama bahwa nebula (kabut) mula-mula bergolak, tidak terdiam. Gerakan nebula ini membantu dalam pembentukan planet sekurang-kurangnya melalui dua proses yaitu pembentukan planetisimal, kemudian protoplanet (gumpalan kabut gas).

Menurut Von Weiszacker, nebula terdiri atas voteks-vorteks (pusaran-pusaran) yang merupakan sifat gerakan gas. Gerakan gas dalam nebula menyebabkan pola sel-sel bergolak (turbulen). Pada batas antar sel-sel turbulen, terjadi tumbukan antar partikel yang kemudian membesar, dan menjadi planet. Teori yang dikemukakan oleh Von Weiszacker disebut teori vortkes.

Kuiper mengemukakan bahwa pembentukan planet melalui turbulensi (golakan) nebula yang membantu tumbukan planetesimal, sehingga planetesimal membesar dan tumbuh sebagai protoplanet kemudian menjadi planet. Teori yang dikemukakan oleh Kuiper disebut teori protoplanet.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/21/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Teori Pembentukan Tata Surya yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top