Motivasi Menulis

Pengertian Pasar

Pengertian Pasar - Sebenarnya pasar tradisional merupakan salah satu bentuk pasar, karena garis besar pengertian tentang pasar dapat digolongkan menjadi pasar nyata (kongkret) dan pasar tidak nyata (abstrak)

Yang termasuk ke dalam pasar nyata adalah pasar tradisional. Karena namanya nyata, secara jelas kita dapat melihat pertemuan fisik antara pembeli dan penjual dalam melakukan jual beli barang. Dengan demikian pasar nyata adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.

Kebalikan dari pasar nyata yang memerlukan kontak fisik, di pasar abstrak , pembeli dan penjual tidak harus melakukan pertemuan. Dengan semakin majunya teknologi, penjual dan pembeli tidak perlu harus bertemu untuk mengadakan transaksi.

Pada pasar abstrak ini, penjual hanya perlu mengajukan contoh barang saja. Misalnya kopi. Dalam bursa kopi, pembeli dapat melihat contoh kopi yang akan dibeli lengkap dengan berbagai keterangan. Bila ia suka, ia dapat melakukan transaksi melalui telepon, surat, atau bahkan internet. Inilah yang terjadi di berbagai bursa seperti bursa komoditi, bursa saham dan lain-lain.

Labels: ekonomi

Thanks for reading Pengertian Pasar. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Pasar"

Back To Top