Motivasi Menulis

Pengertian Shalat Jamaah dan Keutamaannya

Pengertian Shalat Jamaah dan Keutamaannya - Kata-kata jamaah artinya kumpul. Jadi pengertian shalat berjamah menurut bahasa ilaha shalat yang dikerjakan sama-sama lebih dari satu orang. Pengertian shalat berjamaah menurut syara’ ialah shalat yang dikerjakan bersama-sama oleh dua orang atau lebih, salah seorang diantaranya bertindak nsebagai imam (pemimpin yang harus diikuti), sedangkan yang lain disebut makmum yang harus mengikuti imam.

Shalat berjamaah boleh dikerjakan paling sedikit dua orang, dapat dikerjakan di rumah, di surau, di masjid atau di tempat-tempat lain yang memenuhi syarat untuk ditempati mengerjakan shalat. Tempat yang paling utama untuk mengerjakan shalat fardhu adalah di mesjid, demikian juga shalat jamaah. Makin banyak jumlah jamahnya makin utama dibandingkan dengan shalat jamaah yang sedikit pesertanya. Dalam hal ini Rasulullah saw. Bersabda:

Artinya: “Shalat seseorang bersama dengan lainnyalebih baik daripada shalat seorang diri, shalat seseorang bersama dua orang lebih baik daripada shalat seorang bersama satu orang. Jika jamaah itu lebih banyak jumlah pesertanya maka jamaah itu lebih disenangi oleh Allah Taala
”.
Shalat berjamaah sangat besar manfaatnya karena di samping dapat mempererat persaudaraan di antara sesama umat islam, juga dapat menambah syi’ar islam, dan shalat jamaah ini mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan shalat sendirian.
Labels: islam

Thanks for reading Pengertian Shalat Jamaah dan Keutamaannya. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Shalat Jamaah dan Keutamaannya"

Back To Top