-->
Motivasi Menulis

Pengertian Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh - Penginderaan jauh adalah suatu ilmu, seni dan teknologi untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, tanpa kontak langsung dengan objek/aerah fenomena yang dikaji.
Data/informasi tentang objek yang terdapat di permukaan bumi, dalam inderaja diperoleh melalui sensor (alat pengindera, seperti kamera) yang ditempatkan pada wahana (kendaraan yang dapat menjelajah angkasa, seperti peswat atau satelit). Nantinya akan diperoleh citra yaitu gambaran rekaman suatu objek yang diamati, baik citra foto (hasil pemotretan foto udara) maupun citra non foto (hasil rekaman satelit)
Ada lima komponen dalam inderaja;

  1. Sumber energi/tenaga. Jika dilakukan setiap siang hari, sumber tenaga yang utama adalah sinar matahari. Jika malam hari adalah tenaga buatan.
  2. Atmosfer. Pemancaran maupun pemantulan kembali energi matahari dari objek kepada sensor selalu melalui atmosfer. Atmosfer mempengaruhi terhadap panjang gelombang spektrum tertentu yang dapat mencapai permukaan bumi.
  3. Interaksi antara tenaga dan objek. Tipa objek memiliki sifat tertentu dalam memantulkan/memancarkan tenaganya ke sensor. Contoh objek yang daya pantulnya tinggi akan kelihatan cerah pada citra dan sebaliknya.
  4. Sensor. Yaitu pengindera yang dipasang sebagai wahana. Sensor berfungsi untuk merekam atau memantau objek di permukaan bumi yang sedang dikaji.
  5. Sistem Pengolahan Data. Dapat dilakukan secara manual (interpretasi visual) maupun dengan bantuan alat seperti komputer atau alat elektronik lainnya.
  6. Pengguna data. Para pengguna data sangat menentukan terhadap keberhasilan terapan sistem inderaja. Mereka melakukan analisis terhadap data hasil inderaja sesuai dengan kebutuhan dalam disiplin ilmunya masing-masing.


Labels: fisika, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Penginderaan Jauh . Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Penginderaan Jauh "

Back To Top