-->
Motivasi Menulis

Klasifikasi Senyawa Lipid

Klasifikasi Senyawa Lipid - Lipid memiliki sifat sukar larut dalam air, tetapi mudah larut dalam pelarut organik (pelarut nonpolar), seperti kloroform dan eter. Senyawa yang yang termasuk lipid, yaitu trigliserida (lemak dan minyak), fosfolipid, steroid, dan lipoprotein.

Trigliserida
Lipid trigliserida merupakan ester dari asam lemak dan gliserol. Struktur trigliserida memiliki gugus alkil (R1, R2, R3) yang merupakan gugus non polar dengan jumlah atom karbon 11 sampai 23. Trigleserida dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai lemak atau minyak.

Minyak dan lemak memiliki sifat fisik yang berbeda. Lemak berupa padatan, umumnya berasal dari hewan, kecuali lemak cokelat. Adapun lemak berupa cairan pada suhu ruangan dan umumnya berasal dari tumbuhan, seperti minyak kelapa, minyak kedelai dan minyak jagung.

Fosfolipid
Fosfolipid memiliki struktur seperti trigliserida. Bedanya pada fosfolipid satu asam lemaknya digantikan oleh gugus fosfat yang mengikat alkohol yang mengandung nitrogen. Contoh senyawa fosfolipid, yaitu fosfatidiletanolamin (sefalin), fosfatidikolin (lesitin), dan fosfatidilserin. Makanan yang banyak mengandung fosfolipid, diantaranya kuning telur dan hati.

Steroid
Steroid merupakan lipid yang bukan merupakan turunan ester dan tidak memiliki gugusan asam lemak. Gugus nonpolar pada steroid berupa struktur dasar yang terdiri atas 17 atom karbon dengan bentuk empat buah cincin. Contoh senyawa steroid, yaitu kolesterol, estrogen, testosteron, dehidroksikolesterol, ergosterol, dan asam-asam empedu. Makanan yang banyak mengandung kolesterol, yaitu kuning telur, hati, ginjal, otak, udang, dan lemak hewan.

Asam Nukleat
Asam nukleat merupakan suatu yang berperan dalam penurunan faktor-faktor genetik dan sintesis protein. Dua tipe utama asam nukleat ialah asam deuksiribonukleat atau DNA dan asam ribonukleat atau RNA. Asam nukleat merupakan suatu polimer yang jika dihidrolisis akan menghasilkan nukleotida sebagai monomernya. Nukleotida terdiri atas nukleosida akan menghasilkan gula pentosa dan basa nitrogen.
Labels: Biokimia, kimia

Thanks for reading Klasifikasi Senyawa Lipid. Please share...!

0 Komentar untuk "Klasifikasi Senyawa Lipid"

Back To Top