Motivasi Menulis

Pengertian Validitas

Pengertian Validitas - Validitas berhubungan dengan kemampuan untuk mengukur secara tepat sesuatu yang diinginkan diukur. Menurut Anastasi dan Urbina (1997:113), validitas berhubungan dengan apakah tes mengukur apa yang mesti diukurnya dan seberapa baik dia melakukannya. 

ilustrasu

Pendefinisian validitas tes dapat diawali dengan melihat secara etimologi, validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu tes atau instrumen pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila alat tersebut menjalankan fungsi ukurnya, atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Tes yang menghasilkan data yang tidak relevan dengan tujuan pengukuran dikatakan sebagai tes yang memiliki validitas rendah.  

Suatu eksperimen dikatakan valid jika hasil yang diperoleh hanya disebabkan oleh variabel bebas yang dimanipulasi, dan kjika hasil tersebut dapat digeneralisasikan pada situasi di luar setting eksperimental.  
Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh instrumen(alat ukur) adalah validitas. Validitas alat ukur berkaitan dengan sejauhmana  alat ukur mampu mengukur apa yang seharusnya diukur.Menurut Brown (1985:31) validitas adalah tingkat kecocokan alat ukur (butir) untuk mengukur apa yang seharusnya   diukur. Kesahihan   tidak    sekedar    mengukur  apa   yang seharusnya diukur, namun juga mengandung pengertian sejauhmana informasi yang diperoleh dari pengukuran dapat  diinterpretasikan  sebagai capaian atau karakteristik yang akan diukur.

Labels: Metode Penelitian

Thanks for reading Pengertian Validitas. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Validitas"

Back To Top