Pengertian Regenerasi

Pengertian Regenerasi - Kesanggupan makhluk hidup menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang. Kesanggupan itu berbagai. Ada yang tinggi ada yang rendah, tapi tak sesuai dengan urutan kedudukan sistemik. Yang terkenal tinggi daya regenerasinyialah Platyhelminthes, Annelida, dan Echinodermata. Sekian perseratus bagian potongan tubuh mereka tak perduli daerah mana tubuhnya pun, mampu beregenerasi menjadi individu untuk kembali.

Regenerasi

Kalau regenerasi itu untuk melakukan pembiakan, seperti pada platyhelminthes dan Nereis (Annelida laut), disebut autotomi. Biasanya regenerasi hanya di masa gawat, dan pembiakan dengan cara itu pun berlangsung dalam keadaan istimewa. Bintang laut dapat dipotong-potong sampai butiran kecil, dan tiap butiran ini kalau dilemparkan kembali ke laut dapat tumbuh jadi bintang laut. Ini pengaruh luar saja, tapi secara normal bintang laut itu tak mampu melakukan pemotongan diri.

Reiner-Blacks (1968) menemukan, bahwa 1 sel somatis tumbuhan dapat ditumbuhkan dalam kultur menjadi individu utuh. Ini menunjukkan bahwa daya regenerasi pada tumbuhan besar sekali. Pada hewan tinggi regenerasi terbatas pada daerah kecil jaringan tubuh saja, yakni penyembuhan luka dan mengganti bagian yang lepas atau potong di daerah kulit  atau otot.

Untuk regenrasi perlu kehadiran urat saraf di tempat itu, berarti serat saraf itu menghasilkan suatu zat untuk beregenerasi.

Bullough (1965) menemukan, bahwa kulit normal orang mengandung khalon. Zat yang mengalangi mitosis dan meiosis pada gonad. Tahun 1972 mulai dikembangkan pikiran Bullough ini. Dikira zat ini terdapat pada seluruh jaringan dan daerah tubuh, dan ada harapan untuk mempergunakannya sebagai metode anti fertilitas pada pihak pria.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/01/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Regenerasi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top