-->
Motivasi Menulis

Tugas Guru dalam Paradigma Baru Pendidikan

Tugas Guru dalam Paradigma Baru Pendidikan - Sebenarnya tugas guru sangat luas, tidak sebatas tugas akademik saja tetapi juga tugas yang bersifat non akademik. Tugas-tugas itu meliputi tugas yang berkaitan dengan kedinasan atau akademik dan tugas di luar sebagai orang yang profesional meliputi mendidik, membelajarkan siswa, dan memberikan latihan-latihan. Tugas mendidik berarti mengembangkan nilai-nilai kehdiupan. Tugas membelajarkan berarti mendorong dan memberi peluang agar siswa dapat belajar sebaik-baiknya, sedangkan tugas memberikan pelatihan berarti mengembangkan keterampilan siswa.


Tugas guru dalam bidang kemanusiaan dapat diwujudkan dan menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua bagi setiap siswa. Guru harus mampu menarik simpati siswanya, bahkan apabila memungkinkan guru menjadi idola bagi siswanya. Hendaknya setiap melakukan proses pembelajaran guru dapat termotivasi siswanya. Guru hendaknya selalu berpenampilan menarik di depan siswanya, sebab guru yang tidak menarik sudah merupakan kegagalan dalam mendorong siswanya belajar.

Tugas guru dalam bidang kemasyarakatan harus mampu menjadi panutan karena dapat dipercaya (digugu) dan dapat menjadi contoh untuk ditiru. Oleh karena itu masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya. Untuk ndapat mewujudkan tugas-tugas itu seorang guru harus memliki pengetahuan yang memadai.

Dalam kaitan dengan proses belajar mengajar, agar proses itu dapat berlangsung optimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, maka tuntunan pertama bagi guru adalah menguasai materi pelajaran yang akan dipelajari murid. Tugas guru dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya setiap hari dapat dirinci dalam tugas utama. Pertama, tugas membuat persiapan untuk pembelajaran yang disebut persiapan mengajar, kedua, tugas melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ketiga, tugas mengadakan evaluasi hasil belajar dan memanfaatkan umpan balik.
Labels: pendidikan

Thanks for reading Tugas Guru dalam Paradigma Baru Pendidikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Tugas Guru dalam Paradigma Baru Pendidikan"

Back To Top