Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penilaian

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penilaian - Agar dapat melaksanakan penilaian dengan baik, maka seseorang penilai harus mengantisipasi kemungkinan munculnya kesalahan baik dalam proses maupun dalam pengambilan keputusan. Untuk dapat mengantisipasi, maka sebaiknya kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian. Secara garis besar ada 4 faktor yang mempengaruhi penilaian, yaitu:

Ilustrasi


  1. Faktor alat penilaian yang digunakan: Alat penilaian sangat menentukan sebuah penilaian, alat penilaian yang baik, adalah yang valid dan reliebl. Validitas suatu alat penilaian dapat dilihat dari kesesuaian alat penilaian dengan tujuan dan sasaran penilaiannya, validitas, dan reliabilitas suatu alat evaluasi dapat ditentukan melalui pengukuran tingkat validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan statistik. Selain itu, alat penilaian yang baik adalah alat penilaian yang mudah digunakan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami.
  2. Faktor yang dinilai: Faktor yang mempengaruhi penilaian adalah: faktor orang yang dinilai, ada dua hal yang mempengaruhi penilaian yang bersumber dari yang dinilai , yaitu: Kondisi fisik peserta pada saat ujian berlangsung, Kondisi psikis (kondisi kejiwaan) peserta pada saat ujian.
  3. Faktor penilai: Ada beberapa hal yang mempengaruhi penilaian yang bersumber dari penilai (guru), yaitu: Faktor subjektifitas, yaitu kebalikan dari objektifitas, Faktor Halo effects, yaitu kelemahan yang akan timbul jika pencacatan terpikat oleh kesan-kesan umum yang baik pada peserta didik, faktor generosity , yaitu adanya keinginan seseorang penilai untuk berbuat baik, dan faktor salah hitung dalam pemeriksaan.
  4. Faktor kondisi dan situasi pada saat penilaian berlangsung: Faktor yang mempengaruhi bersumber dari kondisi dan situasi pada saat penilaian berlangsung terdiri atas beberapa faktor, yaitu: faktor pengawasan pada saat penilaian berlangsung, dan faktor kegaduhan ruangan.
  5. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka dapat dipahami bahwa untuk mendapatkan hasil penilaian yang menggambarkan dengan benar pencapaian peserta didik, maka seorang penilai harus senantiasa memperhatikan faktor tersebut diatas. Ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penilaian, dan memfungsikan sesuai dengan fungsinya. Sumber (St. Syamsudduha, Penilaian berbasis kelas: konsep dan aplikasi, 2014, Aynat: Yogyakarta)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/25/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penilaian yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top