Pengertian Skor dan Nilai dan Contohnya

Pengertian Skor dan Nilai dan Contohnya - Kadang-kadang kita masih sering menganggap bahwa skor memiliki pengertian yang sama dengan nilai, pdahal anggapan semacam itu, belum tentu benar.

Skor dan Nilai


Menurut Anas Sudijono (2003), Skor adalah hasil pekerjaan menskor (memberikan skor) yang diperoleh dengan jalan menjumlahkan angka-angka bagi setiap butir item yang oleh testee (istilah bagi orang yang mengerjakan tes) telah dijawab dengan betul, dengan memperhatikan bobot jawaban betulnya.

Contohnya; dalam sebuah tes hasil belajar dalam bidang studi akidah akhlak menyajikan lima butir soal tes uraian, dimana untuk setiap butir soal yang dijawab dengan betul diberikan bobot 10. Siswa bernama Aminah, untuk kelima soal tersebut memberikan jawaban sebagai berikut:

  1. Untuk butir soal nomor 1 dapat dijawab dengan sempurna, sehingga diberi skor 10.
  2. Untuk butir soal nomor 2 hanya dijawab betul setengahnya, skor yang diberikan 5.
  3. Untuk butir soal nomor 3 hanya dijawab betul sekitar seperempat bagian, diberikan skor 2,5
  4. Untuk butir soal no. 4 dan 5 dijawab betul sekitar 3/4. sehingga diberi skor 7,5.
Nilai menurut Suharsimi (2006) adalah angka ubahan dari skor dengan menggunakan acuan tertentu, yakni acuan norma dan acuan patokan. Dengan demikian kegiatan mengubah/mengkon-versi skor menjadi nilai disebut kegiatan menilai. 

(Sumber: Dr. St. Syamsudduha, 2014. penilaian Berbasis Kelas Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Aynat)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11/24/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Skor dan Nilai dan Contohnya yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top