Motivasi Menulis

Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat - Setiap hari kita bergaul atau berkumpul dengan teman-teman, mengadakan komunikasi dan sebagainya. Sedikitnya setiap anggota sadar akan adanya anggota lain, dan mau tidak mau kita memperhatikan adanya orang lain. Apakah uraian tersebut di atas adalah pengertian masyarakat?

Contoh masyarakat (sumber: elshinta.com)

Pengertian masyarakat:
Istilah masyarakat berasal dari bahasa Arab syaraka yang aslinya ikut serta atau berpartisipasi. Sedangkan dalam bahasa Inggris, masyarakat adalah society, yang pengertiannya menyangkut interaksi sosial, perubahan-perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak beberapa pendapat tentang masyarakat:

  1. Ralph Linton, mengertikan bahwa masyarakat merupakan suatu kelompok manusia yang telah hidup dan bekerjasama dalam waktu cukup lama, sehingga dapat mengatur dan menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas yang jelas.
  2. Selo Soemardjan, mengartikan bahwa masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
  3. Emile Durkhein, mengartikan bahwa masyarakat adalah suatu kegiatan objektif individu-individu yang merupakan anggotaanggotanya.
  4. Paul. B. Horton, mengartikan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relative mandiri hidup bersama-sama cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama, dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

Labels: pendidikan, sosiologi

Thanks for reading Pengertian Masyarakat. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Masyarakat"

Back To Top