Motivasi Menulis

Pengertian Tunagrahita

Pengertian Tunagrahita - Istilah tunarungu terbagi atas beberapa pengertian sebagai berikut:

Anak Tunagrahita


  1. Pengertian tunagrahita ditinjau dari segi terminologi tunagrahita berasal dari bahasa kawi, yaitu kata tuna berarti kurang, rusak, rugi, grahita berarti pikir atau kecerdasan, jadi tunagrahita adalah kerusakan pada kemampuan daya pikir.
  2. Pengertian tunagrahita ditinjau dari segi istilah: Istilah untuk pengertian tuna grahita di Indonesia, seperti lemah otak, lemah ingatan, tuna mental, lemah pikiran, cacat mental, dan terbelakang ,mental, namun kebanyakan pendidik memakai istilah terbelakang mental atau tuna grahita. Secara internasional istilahnya seperti mentally handicapped, mentally defected, mentally reterded, amentia, feebleminded dan mental deviciency. Kesemua itu mengandung arti adanya kelambatan dalam proses berpikir, emosi, sikap, dan kesulitan penyesuaian diri pada lingkungan.
  3. Pengertia tunagrahita ditinjau dari segi umum: Anak tuna grahita ialah mereka yang mempunyai tingkat kecerdasan dibawah kecerdasan anak normal sehingga tidak atau kurang memungkinkan untuk mengikuti program pendidikan di sekolah umum. Anak tuna grahita adalah anak yang keadaan dan pertumbuhan mentalnya demikian terbelakang daripada anak normal yang sebaya, atau intelegensinya dibawah rata-rata.

Sumber: Umy Kusyairi, 2012. Konsep diri remaja dengan orangtua berkebutuhan khusus. Makassar: Alauddin University Press
Labels: Psikologi Pendidikan, Psikologi umum

Thanks for reading Pengertian Tunagrahita. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Tunagrahita"

Back To Top