Pengertian Tunagrahita

Pengertian Tunagrahita - Istilah tunarungu terbagi atas beberapa pengertian sebagai berikut:

Anak Tunagrahita


  1. Pengertian tunagrahita ditinjau dari segi terminologi tunagrahita berasal dari bahasa kawi, yaitu kata tuna berarti kurang, rusak, rugi, grahita berarti pikir atau kecerdasan, jadi tunagrahita adalah kerusakan pada kemampuan daya pikir.
  2. Pengertian tunagrahita ditinjau dari segi istilah: Istilah untuk pengertian tuna grahita di Indonesia, seperti lemah otak, lemah ingatan, tuna mental, lemah pikiran, cacat mental, dan terbelakang ,mental, namun kebanyakan pendidik memakai istilah terbelakang mental atau tuna grahita. Secara internasional istilahnya seperti mentally handicapped, mentally defected, mentally reterded, amentia, feebleminded dan mental deviciency. Kesemua itu mengandung arti adanya kelambatan dalam proses berpikir, emosi, sikap, dan kesulitan penyesuaian diri pada lingkungan.
  3. Pengertia tunagrahita ditinjau dari segi umum: Anak tuna grahita ialah mereka yang mempunyai tingkat kecerdasan dibawah kecerdasan anak normal sehingga tidak atau kurang memungkinkan untuk mengikuti program pendidikan di sekolah umum. Anak tuna grahita adalah anak yang keadaan dan pertumbuhan mentalnya demikian terbelakang daripada anak normal yang sebaya, atau intelegensinya dibawah rata-rata.

Sumber: Umy Kusyairi, 2012. Konsep diri remaja dengan orangtua berkebutuhan khusus. Makassar: Alauddin University Press
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11/03/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tunagrahita yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top