Motivasi Menulis

Model Pembelajaran Collector and Conceptor Game (C2G)

Model Pembelajaran Collector and Conceptor Game (C2G) - Model C2G ini merupakan desain model yang dibuat penulis yang mengkolaborasikan antara olah raga (ketangkasan dan kecepatan ) dan olah fikir. Pada model ini selain dibutuhkan kecepatan secara fisik juga ketepatan dalam berfikir dan bekerjasama dalam mengolah suatu konsep. Pelaksanaan model pembelajaran ini lebih tepat dilaksanakan dalam ruang terbuka(Outdoor).

Model pembelajaran Collector and Conceptor Game (C2G), adalah model pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan siswa dalam mencari kata-kata kunci yang relevan dengan konsep pembelajaran yang sedang berlangsung.

Melalui model ini siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pengetahuannya dan belajar untuk mempertanggungjawabkan hasil pemikirannya melalui presentasi. Pada presentasi yang disampaikan siswa tidak dibatasi hanya menjelaskan yang benar tapi juga belajar mempertanggungjawabkan jika ternyata kelompok tersebut mengkoleksi kata kunci yang tidak relevan dengan tugas yang diberikan.
Langkah-langkah untuk menyusun program pembelajaran dengan model pembelajaran Collector and Conceptor Game adalah sebagai berikut
a. guru menyampaikan indikator hasil belajar yang akan dicapai
b. guru menjelaskan apa yang perlu dilakukan oleh siswa, untuk mencapai kompetensi yang diharapkan
c. guru membagi kelompok dengan tingkat kemampuan akademik yang merata
d. pada masing-masing kelompok membagi anggotanya menjadi 2 grup, yaitu grup Collector dan Conceptor.
e. guru menjelaskan tugas masing-masing sebagai grup Collector dan sebagai grup Conceptor dan aturan bermainnya
f. game dimulai :

  • grup Collector bersiap secara bergilir mencari kata kunci yang telah disediakan mulai dari collector 1, 2 dan seterusnya dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Setelah mengambil kata kunci diserahkan pada grup conceptor
  • grup conceptor mendiskusikan setiap kata kunci yang dibawa oleh collector (benar atau salah), apabila salah diberi kesempatan untuk menukar kata kunci antara kelompok pada tempat pengambilan kata kunci diawal tadi secara bergilirdengan waktu tertentu.
  • Selama 10 menit grup collector dan conceptor berdiskusi berkaitan kata kunci yang diperoleh

g. siswa dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusi kepada siswa lain yang berbeda kelompok.
h. diskusi kelas untuk mengambil kesimpulan
Labels: pendidikan

Thanks for reading Model Pembelajaran Collector and Conceptor Game (C2G). Please share...!

0 Komentar untuk "Model Pembelajaran Collector and Conceptor Game (C2G)"

Back To Top