Motivasi Menulis

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Pasar Tenaga Kerja

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Pasar Tenaga Kerja - Secara sederhana, seluruh aktivitas dari pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja adalah melalui penyediaan dan penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud di sini adalah pengusaha, pencari kerja, dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk dapat saling berhubungan.

pasar tenaga kerja

Perusahaan sering kali kesulitan untuk memperoleh tenaga yang dibutuhkan, pada hal pengangguran terjadi di mana-mana. Mengapa demikian? Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kesenjangan ini antara lain adalah sebagai berikut.


  • Pencari kerja mempunyai tingkat pendidikan dan keterampilan, kemampuan dan sikap pribadi yang berbeda. Tidak semua pelamar kerja cocok untuk satu lowongan tertentu.
  • Setiap perusahaan mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memberikan tingkat upah, sedangkan tidak semua pencari kerja bersedia menerima pekerjaan dengan tingkat upah yang berlaku di suatu perusahaan
  • Tidak berfungsinya bursa tenaga kerja itu sendiri.


Pasar tenaga kerja di Indonesia ditangani oleh pemerintah dan swasta. Pemerintah dalam hal ini adalah Departemen Tenaga Kerja yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan tenaga kerja, sedangkan swasta seperti PJTKI (Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia) adalah lembaga yang mendapat izin dari pemerintah yang bergerak di bidang pencarian dan penyaluran tenaga kerja baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Beberapa kegiatan Departemen Tenaga Kerja yang berkaitan dengan tenaga kerja di Indonesia antara lain adalah:
  • AKAD (Antar Kerja Antar Daerah) yaitu mengurusi pengiriman tenaga kerja dari daerah satu ke daerah lain yang membutuhkan.
  • AKAR (Antar Kerja Antar Regional) yaitu mengurusi pengiriman tenaga kerja di kawasan regional seperti ASEAN, Singapura, Malaysia, Brunai, dan lain-lain.
  • AKAN (Antar Kerja Antar Negara) yaitu mengurusi pengiriman tenaga kerja ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan sebagainya.


Apakah Kelebihan dan Kelemahan Adanya Pasar Tenaga Kerja?
a. Kelebihan adanya pasar tenaga kerja adalah:

  1. Membantu mengurangi pengangguran.
  2. Membantu bagi pencari kerja maupun pengusaha/ perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.
  3. Menambah devisa negara.
  4. Mudah mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  5. Membantu dengan cepat mengisi posisi pekerjaan dengan tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.


b. Kelemahan adanya pasar tenaga kerja adalah:

  • Munculnya kegiatan percaloan tenaga kerja.
  • Munculnya tindakan penipuan dan kekerasan terhadap calon tenaga kerja.

Labels: ekonomi

Thanks for reading Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Pasar Tenaga Kerja. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Pasar Tenaga Kerja"

Back To Top