Motivasi Menulis

Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial

Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial - Stratifikasi sosial dalam masyarakat terjadi karena adanya sesuatu yang dihargai dalam masyarakat. Sepanjang masyarakat memberikan penghargaan terhadap sesuatu yang dianggap lebih, maka stratifikasi sosial di masyarakat tetap akan ada. Sesuatu yang dipandang berharga, antara lain:

Stratifikasi Sosial

a. uang;
b. tanah;
c. benda-benda bernilai ekonomis;
d. kekuasaan;
e. ilmu pengetahuan;
f. keturunan;
g. pekerjaan;
h. kesalehan dalam agama.

Secara umum, pembentukan stratifikasi sosial dalam masyarakat didasari oleh beberapa kriteria berikut ini.


  • Ukuran Kekayaan

Mereka yang memiliki kekayaan paling banyak termasukdalam golongan lapisan atas. Kekayaan  yang dimiliki dapat dilihat dari bentuk dan model rumah, mobil pribadinya, cara berpakaian, cara berbelanja, dan tempat makan.


  • Ukuran Kekuasaan

Mereka yang memiliki kekuasaan atau wewenang terbesar akan menempati lapisan atas.


  • Ukuran Kehormatan

Ukuran kehormatan terlepas dari ukuran kekayaan dan atau kekuasaan. Orang yang paling disegani dan dihormati dalam masyarakat akan menempati lapisan sosial tertinggi. Ukuran kekuasaan banyak dijumpai pada masyarakat tradisional. Dalam masyarakat tradisional, orang yang dihormati adalah golongan tua atau mereka yang pernah berjasa.


  • Ukuran Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan dipakai sebagai ukuran stratifikasi sosial pada masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. Ukuran untuk menentukan lapisan sosial masyarakat di atas bukanlah ukuran mutlak yang tidak bisa berubah. Masih ada ukuran-ukuran lain yang dapat digunakan untuk menentukan stratifikasi sosial seseorang dalam masyarakat.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial. Please share...!

0 Komentar untuk "Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial"

Back To Top