Motivasi Menulis

Makna Ukhuwah Islamiyah

Makna Ukhuwah Islamiyah - Kata ukhuwah berarti persaudaraan, maksudnya perasaan simpati dan empati antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak memiliki satu kondisi atau perasaan yang sama, baik suka maupun suka, baik senang maupun sedih. Jalinan perasaan itu menimbulkan sikap timbal balik untuk saling membantu bila pihak lain mengalami kesulitan, dan sikap untuk saling membagi kesenangan kepada pihak lain bila salah satu pihak menemukan kesenangan. Ukhuwah atau persaudaraan berlaku sesama umat Islam, yang juga disebut ukhuwah islamiyah, dan berlaku pula pada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama, suku dan aspek-aspek kekhususan lainnya yang disebut Ukhuwah Insaniyah.

Persaudaraan sesama muslim, berarti saling menghargai dan saling menghormati relativitas masing-masing sebagai sifat dasar kemanusiaan, seperti perbedaan pemikira, sehingga tidak menjadi penghalang untuk saling membantu atau menolong karena diantara mereka terikat oleh satu keyakinan dan jalan hidup, yaitu Islam. Agama Islam memberi petunjuk yang jelas untuk menjaga persaudaraan sesama muslim itu dapat terjalin dengan kokh, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah al-Hujurat ayat 10:

Yang artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaiki hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
Labels: islam

Thanks for reading Makna Ukhuwah Islamiyah. Please share...!

0 Komentar untuk "Makna Ukhuwah Islamiyah"

Back To Top