Motivasi Menulis

Fisiologi Pertumbuhan Kuman

Pada dasarnya mikroba memiliki sifat-sifat pertumbuhan, dan segala jenis sifat fisiologi lainnya. Pertumbuhan pada dasarnya adalah merupakan penambahan unsur sel pada suatu jasad. Dan mempelajari pertumbuhan juga sangat penting yang menjadi unsure untuk mengenal fisiologi pada bakteri atau kuman.

Pada pertumbuhan kuman terjadi sintesa yang khas dan berimbang dan komponen-komponen protoplasma dan bahan-bahan gizi (nutrient) yang terdapat dalam lingkungannya .ini merupakan proses yang terus berubah menurut waktu dan merupakan sifat utama makhluk hidup.



Kuman-kuman merupakan kelompok organisme yang sangat omnivore(memakan segalanya),mereka mampu melaksanakan proses-proses metabolisme dengan memanfaatkan segala macam-macam bahan makanan,mulai substrat organik sampai bahan organik yang sangat kompleks.

Agaknya tidak ada satupun persenyawaan organik yang tidak dapat dimanfaatkanoleh kuman,ini merupakan bukti akan kemampuan kuman untuk mengadaptasi dirinya dan mencerminkan kemampuannya untuk menanggapi rangsangan yang sebelumnya adalah asing baginya.

Meskipun diantara bermacam-macam species kuman terdapat perbedaan-perbedaan dalam keperluannya akan bahan gizi,tetapi ada bahan-bahan gizi yang agaknya diperlukan oleh setiap kuman.

Substansi yang umum diperlukan sangat beragam yakni: air, garam-garam anorganik, mineral, CO2 , factor pertumbuhan, oksigen(O2), potensial oksidasi-reduksi(Eh), temperature, PH Medium, dan kekuatan ion.
Labels: Biologi, pendidikan

Thanks for reading Fisiologi Pertumbuhan Kuman. Please share...!

0 Komentar untuk "Fisiologi Pertumbuhan Kuman"

Back To Top