-->
Motivasi Menulis

6 Penyebab Terjadinya Diare pada Anak

Makanan yang sehat memang harus di konsumsi pada anak sehingga kesehatannya akan selalu terjaga dan terlindungi. Namun, tidak menutup kemungkinan sering sekali para orang tua lupa memperhatikan hal kecil yang sering terjadi pada anak sehingga sering sekali terjadi Diare pada anak. Masih ada yang belum menyadari bahwa diare pada anak membuat kondisi anak tidak semangat dalam menjalankan aktifitas.

diare pada anak
Diare pada anak

Penyebab diare pada anak sudah sepantasnya harus diketahui oleh orang tua sehingga mereka dapat mencegah dan mengobati jika hal tersebut terjadi sehingga anak tetap menjadi aktif dan selalu semangat melakukan aktifitasnya di luar rumah maupun dalam rumah.

Oh iya, pastinya para bunda, mom sudah pada tahu ya apa itu diare. Untuk para mom atau bunda yang belum tahu apa itu diare. Sedikit penjelasan info mengenai diare ya. Diare juga termasuk penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi bab yang encer. Biasanya yang sering terjadi diare diakibatkan oleh makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit. Jadi, Diare itu biasanya disebabkan oleh virus atau, terkadang bisa muncul pada makanan yang terkontaminasi. Nah, kalau yang sering terjadi pada anak biasanya anak selesai bermain lupa mencuci tangan sehingga bakteri atau kotoran yang ada di tangan akan mereka masukkan ke mulut sehingga hal tersebut bisa menyebabkan diare pada anak.

Gejala diare timbul bisa bervariasi. Ada yang merasakan satu atau lebih gejala. Namun, gejala yang paling sering dirasakan penderita diare antara lain:

  1. Perut terasa mulas.
  2. Tinja encer (buang air besar cair) atau bahkan berdarah.
  3. Mengalami dehidrasi.
  4. Pusing, lemas, dan kulit kering. 
Sebagian besar diare sering disebabkan oleh infeksi kuman di usus besar. Namun, diare yang berlangsung lama dapat terjadi akibat radang di saluran pencernaan.

Hal diatas secara umum dapat terjadi oleh siapapun. Namun, pada anak juga bisa terjadi. Sehingga pengawasan orang tua pada anak harus sangat ketat dan perlu perhatian penuh setiap gerak gerik yang dilakukan anak sehingga anak terhindar dari bakteri atau yang menyebabkan anak diare.

Adapun penyebab diare pada anak sebagai berikut :

1. Faktor makanan yang tidak higienis

2. Adanya infeksi bakteri. Bakteri seperti Vibrio cholera, Salmonella, maupun Escherichia coli juga menyebabkan kasus diare anak.

3. Antibiotik. Mengkonsumsi antibiotik pada anak membuat anak sering diare yang mana jika terjadi diare pada anak, pengobatan yang mengharuskan minum antibiotik janganlah di konsumsi dulu atau diberikan karena bisa jadi tidak cocok dengan kondisi anak. Untuk mengatasi hal tersebut orang tua haruslah segera bawa anak ke dokter anak untuk diperiksa lebih lanjut sehingga kondisi anak menjadi normal.

4. Makanan dan minuman yang mengandung asam, pedas dapat menyebabkan diare pada anak. Karena kondisi perut anak tidak menerima atau tidak cocok dengan makanan tersebut. Sebaiknya dihindarkan dan berilah makanan yang sehat dan baik.

5. Alergi makanan. Biasanya sebagian anak ada yang alergi makanan, seperti telur, kacang, atau ikan, bisa menyebabkan berbagai reaksi, salah satunya diare. Namun, sifatnya singkat atau hanya terjadi beberapa jam sampai makanan yang dikonsumsi dikeluarkan tubuh.

6. Tangan kotor langsung memegang makanan.
Kegiatan bermain anak haruslah diperhatikan oleh orangtua. Semisalnya anak sering bermain tanah setelah itu anak langsung pegang makanan tanpa mencuci tangan dengan sabun. Maka bisa terjadi diare yang disebabkan adanya bakteri atau kotoran yang menempel di tangan sehingga makanan yang higienis sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Untuk itu para bunda, mom haruslah sering menganjurkan pada anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, selesai makan bahkan setelah selesai bermain. Biasanya aku selalu menganjurkan pada orang sekitarku untuk mencuci tangan pakai sabun Lifebouy setelah memegang sesuatu. Apalagi saat situasi pandemi begini, cuci tangan haruslah rajin untuk menghindarkan diri dari segala virus yang menempel. Sebelum makan juga orangtua harus melatih anak agar terbiasa untuk mencuci tangan dengan sabun sehingga anak terhindar juga dari diare.

Yuk hidup sehat para bunda, mom dan orang tua. Semangat hidup sehat harus direncanakan dan dilakukan dari sekarang. Perhatikan terus makanan anak, kondisi anak sehingga anak selalu sehat dan aktif setiap hari.
Labels: kesehatan

Thanks for reading 6 Penyebab Terjadinya Diare pada Anak. Please share...!

0 Komentar untuk "6 Penyebab Terjadinya Diare pada Anak"

Back To Top