-->
Motivasi Menulis

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah

Pastinya kita semua saat berolahraga, tubuh kamu pasti akan mengeluarkan keringat. Selain berolahraga, berkeringat juga bisa di rasakan saat perasaan takut, gugup, atau saat mengucapkan ijab Kabul, hehehe. Mengeluarkan keringat merupakan hal yang normal yang dirasakan bagi setiap manusia, bahkan itu menunjukkan tubuh kita dalam keadaan sehat, karena berkeringat menunjukkan metabolisme tubuh yang baik. Namun, proses berkeringat tersebut tentu akan mengganggu jika keluar secara berlebihan. Keringat berlebih membuat kamu tidak nyaman karena disaat tidak beraktivitas pun keringat kamu akan keluar.

Keringat Berlebih
Keringat Berlebih


Kondisi keringat berlebih disebut juga hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah sekresi atau pengeluaran keringat dan panas dalam jumlah yang lebih banyak dari seharusnya untuk mendinginkan tubuh. Biasanya penderita hiperhidrosis akan berkeringat 4-5 kali lebih banyak daripada yang normal. Jadi, walaupun dalam ruangan sejuk pakaian Anda bisa basah oleh keringat. Dirangkum dari berbagai sumber bahwa, Keringat berlebih wajib kamu waspadai dan harus memeriksakan ke dokter jika kamu mendapati gejala di bawah ini:

  • Jumlah keringat yang keluar dari dalam tubuh semakin banyak atau menyebabkan iritasi kulit ketiak, bisul di ketiak, dan ketiak hitam.
  • Pada malam hari, kamu terbangun dengan kondisi kasur sangat basah disebabkan oleh keringat dingin yang keluar dari tubuh.
  • Kamu merasa keringat berlebih pada hanya terjadi pada satu sisi tubuh, misalnya hanya pada lipatan paha kanan.
  • Seluruh bagian tubuh akan mengalami keringat berlebih dan bukan hanya di bagian tertentu.
  • Hiperhidrosis focal primer umumnya mulai terjadi pada usia remaja dan dewasa. Namun jika kamu berusia paruh baya atau lebih, dan mengalami keringat berlebihan di salah satu bagian tubuh, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Jika kamu tidak hanya mengalami keringat berlebih tetapi juga mengalami insomnia, rasa haus yang terus meningkat, kelelahan, batuk, atau sering buang air kecil.
  • Keringat berlebihan muncul tanpa pemicu yang jelas, berlangsung selama 6 bulan atau lebih.
  • Keringat berlebih mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Keringat berlebih disertai dengan penurunan berat badan, nyeri dada, demam, detak jantung cepat, dada terasa tertekan, atau sesak napas.


Dengan gejala di atas tentunya kamu jangan khawatir dan bingung karena ada beberapa cara mengatasi gejala berlebihan yang bisa kamu lakukan yaitu:

Cukur Bulu Ketiak
Mencukur bulu ketiak bisa mengurangi keringat berlebih karena bulu ketiak bisa membuat area tersebut menjadi lebih lembab. Tidak hanya mengurangi keringat berlebih, mencukur bulu ketiak juga bisa mengurangi bau badan.

Hindari Makanan yang Bikin Keringatan
Makanan juga bisa mempengaruhi bagaimana tubuh kalian berkeringat. Beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu keringat berlebih antara lain bawang putih, makanan dengan banyak lemak, makanan pedas dan panas, es krim dan minuman beralkohol.

Pakailah Pakaian yang Longgar
Memakai pakaian yang ketat, terutama di bagian ketiak, bisa membuat kalian berkeringat lebih banyak dan menghasilkan noda keringat. Sebagai gantinya, gunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang sejuk dan bisa 'bernapas'.

Hindari Kafein
Jika ingin mengurangi keringat berlebih, sebaiknya hindari kopi, teh atau minuman panas lainnya yang mengandung kafein. Kafein bisa mendorong sistem saraf dan meningkatkan produksi keringat. Komponen kimia ini juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat, meningkatkan detak jantung dan membuat kelenjar keringat menjadi hiperaktif.

Gunakan Antiperspirant
Deodoran mungkin bisa menghilangkan bau badan tapi tidak akan bisa menghilangkan keringat sepenuhnya. Untuk itu sebaiknya setelah mandi kamu dapat menggunakan antiperspirant. Antiperspirant bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan sekaligus menyumbat kelenjar keringat yang memproduksi keringat di ketiak. Jika masalah keringat kalian sudah parah, usahakan gunakan antiperspirant dengan kandungan aluminium chloride yang tinggi (setidaknya 13%).

Ada banyak lagi yang bisa kamu lakukan jika keringat berlebihan seperti selalu menjaga temperatur tubuh dan bagi kamu yang merokok, berhenti merokok jadi salah satu cara untuk mengatasi keringat berlebih. Walaupun keringat berlebih tidak berbahaya, namun kamu wajib untuk waspada dan konsultasi ke dokter jika sudah sangat mengganggu kamu.

Kamu dapat menggunakan deodoran Rexona untuk mengatasi atau menghilangkan bau badan kamu. Sehingga salah satu cara mencegah keringat berlebih dengan mudah.

Nah, diatas telah saya paparkan bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan. Semoga kita semua tetap menjaga kesehatan dan segaja yang terjadi pada badan kamu jika ada maka kam harus cepat mengatasi keringan berlebih.

Labels: tips

Thanks for reading Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah"

Back To Top