Nutrisi Ibu Hamil Yang Harus Kita Ketahui

Kehamilan bagi seseorang tentu sangat ditunggu-tunggu bagi setiap wanita. Sehingga pada masa kehamilan pun haruslah dipenuhi Nutrisi Ibu Hamil. Yang mana kita ketahui bahwa nutrisi merupakan sesuatu yang sangat penting karena zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh haruslah ada sehingga tubuh kita akan terjaga kesehatannya.

Nutrisi Ibu Hamil, Sumber Foto : Internet

Nutrisi ibu hamil sangat penting terutama untuk perkembangan janin yang sehat serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak di masa mendatang. Nutrisi yang tepat sangat membantu tumbuh kembang buah hati. Kebutuhan nutrisi yang dimaksud disini bukan dalam hal porsi makan, di mana Anda “makan untuk dua orang" namun, lebih dari tersebut, yaitu seperti mikronutrien dan makronutrien. Sebelumnya, teman-teman tahu apa itu mikronutrien dan makronutrien ? Jika belum mengetahuinya yuk dibaca hingga selesai, karena saya akan memberikan informasi mengenai nutrisi ibu hamil yang harus kita ketahui.

Pada mikronutrien ialah nutrisi yang diperlukan tubuh itu sedikit. Maksudnya tubuh kita memerlukannya dalam jumlah sedikit. Nah, biasanya nutrisi mikro ini diukur dalam satuan miligram atau bahkan mikrogram. Contohnya adalah vitamin dan mineral. Meskipun sedikit kita jangan membiarkannya karena jika kekurangan akan berdampak pada kesehatan. Sedangkan pada makronutrien merupakan zat gizi yang banyak menyumbangkan energi bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Tidak seperti mikro, tubuh membutuhkan nutrisi tersebut dalam jumlah banyak.

Yang harus kita ketahui ialah kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan dan gaya hidup yang kurang baik membuat janin rentan akan mengalami gangguan. Seperti, berat badan pada saat lahir kurang, hambatan tumbuh kembang, hingga cacat bawaan lahir. Untuk mencegah terjadinya seperti itu maka ibu hamil haruslah memperhatikan kesehatan tubuhnya serta nutrisi apa saja yang harus dilakukan selama hamil karena asupan nutrisi di saat hamil bisa membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang pintar, cerdas dan kreatif.

Dibawah ini merupakan cara yang bisa dapat dilakukan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Menjaga Pola Makan Yang Teratur

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa menjaga pola makan yang teratur dan makan makanan yang sehat dapat menambah nutrisi untuk tubuh kita dan mencegah terjadinya sakit. namun hal yang harus kita perhatikan bahwa, menjaga pola makan yang teratur maksudnya ialah kita harulah makan pada tepat waktunya serta jika merasa lapar maka makanlah cemilan yang memang bagus untuk perkembangan janin.

Apalagi disaat morning sickness yang memicu ibu hamil tidak memiliki nafsu makan, maka lebih baik ibu hamil haruslah makan cemilan atau bisa juga saat sarapan makanlah biskuit, roti , dan makan sayur-sayuran yang memiliki kalsium untuk tubuh dan janin

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil

Asupan vitamin juga menjadi kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Adapun vitamin yang diperlukan di masa kehamilan meliputi:
  • Vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata serta pertumbuhan tulang. Sumber vitamin A antara lain wortel, sayuran hijau, dan umbi-umbian.
  • Vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C antara lain buah sitrus, brokoli, tomat.
  • Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah, untuk efektivitas manfaat protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 bisa didapat dari sereal, biji-bijian utuh seperti gandum, dan buah pisang.
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging, ikan, dan susu.
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi serta membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D antara lain susu, sereal, dan roti.


Makanlah Ikan Yang Segar

Mengkonsumsi ikan sangatlah penting, karena ikan merupakan sumber nutrisi yang kaya akan lemak, omega-3 serta nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin. Ikan yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan yaitu : ikan salmon, tuna, dan sarden. Jangan lupa disaat masak ikannya, ikannya harus matang dengan sempurna ya.

Konsumsi Folat
Kandungan nutrisi yang dikenal sebagai asam folat ini berperan penting dalam mengurangi risiko cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang memengaruhi otak serta sumsum tulang belakang janin. Contoh cacat lahir lainnya seperti spina bifida dan anencephaly. Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 sampai 800 mikrogram. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat. Jadi, mengkonsumsi folat sangatlah penting.

Minum Susu Ibu Hamil

Selama masa kehamilan ibu hamil haruslah mendapatkan nutrisi yang seimbang dan tetap terpenuhi dengan baik. Ibu hamil juga sangat baik untuk mengkonsumsi susu khusus kehamilan setiap hari. Karena pada susu kehamilan terdapat nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Salah satu susu kehamilan yang sudah penuh dengan mikronutrisi penting adalah SGM Bunda yang padat asam folat, zat besi, protein, kalsium & vitamin D. Semuanya adalah elemen penting untuk masa kehamilan hingga menyusui.

Nah, Minuman ini bisa menjadi pelengkap menu utama sehari-hari setelah makan. Jangan khawatir, untuk varian SGM untuk ibu hamil sangat bervariasi yaitu : variasi cokelat, stroberi dan jeruk. Yang harus kita ketahui bahwa SGM sudah memiliki pengalaman di bidang nutrisi khusus ibu dan anak selama 60 tahun di Indonesia.So, tidak perlu khawatir lagi guys. Yuk konsumsi SGM untuk  nutrisi ibu hamil.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/01/2019

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Nutrisi Ibu Hamil Yang Harus Kita Ketahui yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top