Akibat Revolusi Rusia 1917

Akibat Revolusi Rusia 1917 - Pada 95 tahun yang lalu, kaum Komunis Bolshevik berhasil menggulingkan rezim Tsar Nicholas II dengan membentuk pemerintahan baru di Rusia. Aksi pimpinan Vladimir Lenin berawal dari pendudukan kota St. Petersburg (Petrograd).

Revolusi Rusia 1917

Revolusi berawal dari kekalahan militer Rusia dalam Perang Dunia I. Kelaparan merajalela menyebabkan rakyat mendambakan perubahan. Laman stasiun televisi The History Channel mengungkapkan Tsar Nicholas II dipaksa mengundurkan diri pada 15 Maret 1917 setelah muncul pemberontakan militer.

Kemenangan Revolusi 1917 bukan sesuatu yang jatuh dari langit begitu saja. Ia adalah kulminasi dari proses perkembangan sejarah yang panjang dan persiapan bertahun-tahun dari kaum Marxis Rusia. Kemenangan Revolusi 1917 akan mustahil tanpa keberadaan partai Marxis revolusioner, yang kita kenal sebagai Partai Bolshevik. Mengenai Revolusi Rusia tidak akan lengkap tanpa mengenai Partai Bolshevik. Tetapi mari kita mulai terlebih dahulu dengan mengenal Rusia sebelum revolusi.

Revolusi yang dilakukan kaum Bolsheviks membawa akibat sebagai berikut. 
  1. Dihapuskannya pemerintahan Tsar yang kolot untuk selamanya. Pemerintahan diubah dengan sistem satu partai (pemerintahan dipegang oleh satu partai). Cobalah bandingkan dengan sistem satu partai di Jerman (Hitler dengan NAZI-nya) dan di Italia (Mussolini dengan fasismenya). 
  2. Timbulnya demokrasi Soviet sebagai lawan dari demokrasi liberal. Demokrasi liberal atau parlementer dianggap Lenin kurang demokratis sebab biasanya parlemen diduduki oleh orang-orang dari kelas menengah ke atas, sementara rakyat jelata tidak tahu apaapa. Lenin lebih suka membentuk dewan-dewan rakyat (Soviet) yang mewakili suara masyarakat terbawah. Dewan-dewan rakyat ini kemudian akan memilih di antara mereka untuk menjadi wakil dalam dewan rakyat yang lebih tinggi. Mekanisme yang sama berlanjut hingga ke tingkat paling tinggi. 
  3. Modernisasi Rusia maju dengan pesat, terutama dalam bidang industri dan pertanian. Dalam kurun waktu lebih kurang empat puluh tahun, Rusia mulai dapat menyamai negara-negara industri lainnya di Eropa Barat dan Amerika. 
  4. Meluasnya komunisme di seluruh dunia. Hingga kini komunisme menjadi faktor kekuatan politik dunia yang perlu diperhitungkan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/04/2019

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Akibat Revolusi Rusia 1917 yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top