Yuk Kita Kenal Tari Margapati

Yuk Kita Kenal Tari Margapati - Tari tunggal yang berasal dari daerah Bali ini merupakan salah satu tari Bali yang terkenal, baik di Nusantara maupun mancanegara diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada tahun 1942. Tarian ini berasal dari asal-usul kata marga yang berarti ‘binatang’, sedangkan pati berarti ‘raja’. Tarian ini menggambarkan perilaku seekor raja hutan. Gerakannya didominasi oleh gerak terputusputus dan memiliki aksen gerak mata yang lincah seakan-akan mencari sesuatu.

Tari Margapati

Tari Margapati ini adalah buah karya dari Bapak Nyoman Kaler dan diciptakan pada tahun 1942. Jenis tari tradisional Bali yang dibawakan oleh penari terdiri dari :

  1. Tari Tunggal (Individu)
  2. Tari Berpasangan (Dua orang penari)
  3. Tari Berkelompok
  4. Tari Massal (Kolosal)

Tari Margapati ini merupakan salah satu contoh Tari Tunggal atau tari yang dibawakan oleh seorang penari. Tari tunggal khususnya pada Tari Margapati ini mempunyai beberapa tujuan tertentu bagi penarinya, antara lain :

  1. Menguji mental penari saat tampil di depan umum,
  2. Mengembangkan daya imajinasi, pengungkapan dan penguasaan diri sesuai dengan tema tari yang dibawakan,
  3. Mematangkan daya serap ilmu dan teknik menari, serta
  4. Menguji kualitas dan kemampuan estetika penari.

Tari ini berfungsi sebagai Tari Balih-balihan (Tari yang berfungsi sebagai tontonan/pertunjukan untuk pelengkap upacara yadnya di Bali).

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/15/2019

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Yuk Kita Kenal Tari Margapati yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top