Ciri Khas Tari Bondan

Ciri Khas Tari Bondan  - Tari Bondan berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tarian tersebut merupakan tari tunggal yang ditarikan oleh seorang gadis remaja yang membawa payung dan boneka. Tarian ini menggambarkan kasih sayang kakak terhadap adiknya. Sambil menari, penari tersebut menyanyi dan sekalisekali menari di atas kendi kosong. Pada akhir tarian, kenditersebut dipecahkan.

Tari Bondan Payung


Ada dua hal yang menjadi daya tarik dan keunikan padaTari Bunda. Pada tarian ini penari dituntut untuk mampu menyanyi di samping menguasai gerakan tariannya. Selain itu, terdapat gerakan berdiri di atas kendi yang sudah barang tentu memerlukan keseimbangan tubuh yang maksimal.

Tari Bondan ini mempunyai 3 ragam tarian yaitu Tari Bondan Cindogo, Tari Bondan Mardisiwi dan Tari Bondan Pegunungan atau Tari Bondan Tani. Setiap ragam dari Tari Bondan mempunyai ciri khasnya sendiri, salah satunya adalah narasi dalam tarian, properti yang dipakai, serta kostum yang dipakai. Namun masih tetap tidak meninggalkan ciri aslinya yaitu tarian yang melukiskan mengenai kasih sayang dari seseorang ibu pada anaknya. Tari Bondan Cindogo, tarian ini menceritakan kasih sayang ibu pada anaknya yang sudah meninggal sehingga nuansa sedihnya sangat terasa.

Untuk pertunjukan Tari Bondan Pegunungan ini sedikit berbeda dengan tari bondan cindogo dan juga mardisiwi. Dalam pertunjukannya, Tari Bondan Pegunungan ini menggambarkan perempuan desa di pegunungan atau di desa tani dalam menggarap ladang atau bertani. Setelah para penari menari menggunakan peralatan tani tersebut para penari kemudian melepas baju bertaninya dan menggantinya dengan baju yang digunakan dalam Tari Bondan. Kemudian para penari menari dengan gerakan pada Tari Bondan lainnya.

Ciri Khas Tarian Tari Bondan
Tarian tari Bondan memiliki ciri khas tariannya sendri yaitu:

  • mengenakan pakaian gadis seperti gadis desa
  • Menggendong tenggok
  • memakai Caping
  • Membawa alat pertanian

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/15/2019

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Ciri Khas Tari Bondan yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top