Motivasi Menulis

Pengaruh Kebudayaan Asing

Pengaruh Kebudayaan Asing - Umumnya kebudayaan asing berasal dari pengaruh budaya luar, yang masuk melalui proses globalisasi. Derasnya arus globalisasi membawa paham-paham baru yang akhirnya membentuk budaya asing. Tidak selamanya budaya asing membawa dampak yang negatif. Dalam hal ini pengaruh luas membentuk kebudayaan asing yang menambah kesempurnaan kebudayaan nasional. 

Pengaruh Kebudayaan Asing


Contoh kebudayaan asing yang memengaruhi kebudayaan nasional adalah wayang. Wayang di Indonesia sangat besar pengaruhnya dari India. Wayang di Indonesia terdiri dari pelbagai jenis, ada wayang geber, wayang kulit, wayang wong, dan bentuk wayang lain. Keseluruhannya telah menjadi kebudayaan nasional karena telah menjadi identitas khas bangsa Indonesia, kebanggaan bangsa Indonesia, dan telah ada sejak beberapa abad yang lalu. Pengaruh asing, dalam hal ini berasal dari India merasuk kuat pada wayang Indonesia. Hal yang menarik akhir-akhir ini adalah wayang golek yang telah dilengkapi senapan. Senapan adalah kebudayaan asing. Dengan begitu, kebudayaan asing memengaruhi kebudayaan nasional.

Hubungan-hubungan tersebut terjadi karena masing-masing kelompok individu yang tergabung di dalam suatu masyarakat kebudayaan saling berinteraksi. Kalaupun tidak terjadi interaksi, dapat terjadi akibat dari subjek pengamatan yang diperhatikan dengan intens, contohnya tayangan televisi, Video Compact Disc (VCD), buku, atau majalah.
Labels: antropologi

Thanks for reading Pengaruh Kebudayaan Asing. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengaruh Kebudayaan Asing"

Back To Top