Motivasi Menulis

Pengaruh Kebudayaan Lokal

Pengaruh Kebudayaan Lokal - Sebagaimana budaya yang dihasilkan dari budi daya masyarakat suatu daerah, budaya lokal berpengaruh terhadap keberlangsungan budaya nasional. Hal ini dikarenakan adanya budaya nasional sebagai hasil pembauran dari budaya-budaya daerah yang diakui secara nasional. Contoh kebudayaan lokal yang mempengaruhi kebudayaan nasional adalah batik.

Pengaruh Kebudayaan Lokal


Batik adalah hasil budaya yang telah menjadi kebanggaan nasional dan menjadi identitas bangsa. Pada corak batik tersebut, kini telah banyak dipengaruhi dengan corak dan warna dari beberapa daerah. Kekayaan corak dari beberapa budaya lokal bercampur menjadi suatu corak batik yang kini banyak dibuat di Indonesia.

Selain memengaruhi kebudayaan nasional, kebudayaan lokal mampu pula memengaruhi kebudayaan asing. Mengapa demikian? Kebudayaan lokal yang memengaruhi kebudayaan asing adalah pengaruh budaya masyarakat daerah kepada budaya asing yang dibawa orang asing. Budaya Jawa sangat berpengaruh bagi orang-orang Cina yang tinggal di derah Pekalongan. Kebudayaan Cina yang mereka miliki akhirnya bercampur dengan kebudayaan Jawa. Di dalam menggunakan bahasa pun, bercampur antara bahasa Cina dan bahasa Jawa. Hubungan ini dapat dijelaskan pada diagram berikut.
Labels: antropologi

Thanks for reading Pengaruh Kebudayaan Lokal. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengaruh Kebudayaan Lokal"

Back To Top