Peranan Matahari terhadap Kehidupan di Planet Bumi

Peranan Matahari terhadap Kehidupan di Planet Bumi - Matahari merupakan benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. Oleh karena itu, matahari memiliki peranan sangat penting, antara lain sebagai sumber cahaya dan panas bagi planet-planet di sekitarnya, termasuk Bumi, sehingga dapat berlangsung kehidupan manusia, tumbuhan, dan hewan di Bumi. Selain sebagai sumber panas dan cahaya, matahari memiliki peranan, sebagai pengatur iklim dan cuaca sehingga memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi. Untuk lebih lengkapnya marilah kita baca penjelasan dibawah ini:

Peranan Matahari terhadap Kehidupan di Planet Bumi


Sebagai sumber energy yang tak terbatas
Energy matahari dapat menjadi sumber energy panas yang tak terbatas pada manusia karena tidak akan pernah habis meskipun dipakai berulang-ulang. Energy matahari berbeda dengan sumber energy yang terbuat dari fosil yang dapat habis sewaktu-waktu apabila persediaan fosil sudah tidak ada.

Membantu proses pengeringan
Tidak perlu diragukan lagi bahwa energy matahari dapat membant proses pengeringan yang dilakukan manusia seperti mengeringkan baju, ikan asin, panen garm dsb. Selain itu, energy matahari ini juga dapat membantu penguapan pada permukaan berair dan pengkristalan hingga membentuk awan. Awan yang mengandung banyak air akan dapat menurunkan hujan yang berguna juga bagi kehidupan di bumi.

Membantu beristirahat dengan lebih baik
Beberapa sumber menyebutkan bahwa jika seseorang yang terpapar sinar matahari kurang lebih 6 jam dalam setiap harinya dapat membuatnya menjadi lebih segar di petang hari. Hal ini  akan membuat Anda merasa mengantuk. Sehingga kualitas tidur Anda akan lebih baik.

Mengatur tata surya
Seperti yang kita ketahui matahari merupakan pusat dari tata surya. Oleh karena itu lanet dan satelitnya berevolusi sambil berotasi mengelilingi matahari. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Ini karena gaya gravitasi matahari menarik planet sehingga planet-planet berevolusi mengelilinginya dan membentuk tatanan surya yang disebut galaksi Bimasakti.

Membantu proses fotosintesis
Sebagai salah satu sumber kehidupan, matahari memiliki peran yang besar dalam proses fotosintesis yang terjadi pada tanaman hijau. Selain dapat membantu tumbuh dan berkembangnya tanaman, proses fotosintesis nantinya juga akan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi manusia dan hewan. Jadi dapat dikatakan bahwa matahari memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terumata kehidupan manusia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/14/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Peranan Matahari terhadap Kehidupan di Planet Bumi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top