Macam-macam Sosiometri

Macam-macam Sosiometri - Metode sosiometri ini mencoba untuk menemukan individu dalam situasi dimana mereka secara spontan mengungkapkan hubungannya, sosiometri dibedakan menjadi tiga tipe yaitu:

Sosiometri tipe nominatif

Macam-macam Sosiometri

Dalam tipe ini setiap individu dalam kelompok ditanyai, siapa-siapa kawan yang disenangi / tidak disenangi untuk diajak untuk melakukan suatu aktivitas tertentu atau siapa kawannya dalam suatu pola hubungan tertentu. Pilihan itu harus ditulis berurutan dari pilihan pertama (paling disenangi), pilihan kedua dan seterusnya.

Contoh-contoh pertanyaan untuk sosiometri tipe nominatif anatara lain sebagai berikut:
  • Dengan siapakah anda ingin duduk dalam satu bangku?
  • Dengan siapa anda senang bermain?
  • Siapakah kawan yang terbaik?
  • Dengan siapakah anda senang bekerjasama?
  • Apabila anda mendapatkan kesulitan-kesulitan, kepada siapakah anda biasanya meminta pertolongan?
  • Apabila kelas anda akan melakukan kerja kelompok, dengan siapakah anda senang berkelompok?


Sosiometri tipe skala bertingkat
Dalam tipe ini disediakan sejumlah statement yang disusun secara bertingkat, yaitu dari statement yang menyatakan hubungan yang paling dekat, sampai dengan statement yang menyatakan hubungan yang paling jauh. Dalam setiap statement kepada individu diminta untuk mengisi nama salah seorang temannya yang hubungannya sesuai dengan yang dinyatakan tersebut.
Adapun cotoh-contoh statementnya adalah sebagai berikut:
  • Saya sangat menyenangi teman ini. Saya sangat senang bersama-sama dengan teman ini kemanapun saya pergi. Kalau saya mempunyai problem kepadanya saya meminta bantuan. Sebaliknya, saya pun senantiasa siap membantunya. Teman tersebut adalah …………………….
  • Saya menyenangi teman ini. Saya sering bekerjasama dengannya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Saya juga sering berbincang-bincang dengannya. Teman yang saya maksud tersebut adalah …………………………..
  • Saya dapat bergaul secara baik dengan teman ini. Saya tidak keberatan kalau ia merupakan salah satu anggota kelompok kami, saya dapat bekerjasama dan bermain dengan teman ini dalam kegiatan-kegiatan sekolah, walaupun di luar sekolah saya jarang sekali berhubungan dengannya. Teman tersebut adalah………………………….
  • Saya tidak menyukai teman ini. Saya selalu berusaha untuk menghindari pertemuan dengan teman ini. Saya keberatan kalau ia dimasukkan kedalam kelompok kami. Teman yang saya maksud tersebut adalah …………………………


Sosiometri tipe siapa dia
Dalam tipe ini disediakan sejumlah statement tentang sifat-sifat individu. Sebagian dari statement-statement tersebut mengungkapkan sifat yang positif dan sebagian lagi mengungkapkan sifat yang negatif. Kepada masing-masing anggota kelompok diminta memilih kawan-kawannya yang mempunyai sifat yang cocok dengan yang diungkapkan oleh statementnya tersebut.
Sosiometri tipe ini sering juga disebut tipe “terkalah dia” ( guess who ). Dan karena pada setiap statement ada kemungkinan pilihan lebih dari seorang, maka tipe ini sering juga disebut tipe “siapa mereka” (who are they).

Contoh-contoh statementnya antara lain:

  • Dalam keadaan kelas ini ada teman yang hamper tidak pernah marah walaupun diganggu oleh temannya. Teman tersebut adalah ………………………………..
  • Lam kelas ini ada teman yang sering murung. Ia jarang bergurau atau bercerita tentang hal-hal yang lucu. Dia/mereka adalah...................................
  • Dalam kelas ini ada teman yang angkuh dan tidak pernah mau menghargai pendapat orang lain. Ia sering marah-marah kalau ada orang lain yang menyangkal pendapatnya. Dia / mereka adalah ......................................
  • Dalam kelas ini ada teman yang dapat bekerjasama secara baik dengan setiap orang. Ia bekerja dengan giat dan bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan kepadanya. Dia / mereka adalah ………………………………………


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/01/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Macam-macam Sosiometri yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top