Cara Merumuskan Topik dan Judul Laporan

Cara Merumuskan Topik dan Judul Laporan - Topik yang dipilih hendaknya dipilih sesuai dengan program studi penyusun, misalnya siswa SMK Teknologi dan Industri program studi mesin produksi memilih topik yang berkaitan dengan masalah mesin produksi.

Cara Merumuskan Topik dan Judul Laporan


Judul boleh dibuat setelah laporan selesai, tetapi harus dipersiapkan dua atau tiga prajudul. Prajudul itu hendaknya relevan dengan topik yang dipilih sebelumnya. Usahakan agar prajudul itu menarik perhatian pembaca untuk mengetahu isi laporan. Oleh karena itu, jangan membuat prajudul yang terlalu luas. Prajudul yang baik adalah prajudul yang sederhana, cakupannya terbatas, pengerjaannya mudah, menjawab permasalah apa, mengapa, di mana, dan kapan.

Selain cocok dengan topik, judul yang baik harus memenuhi syarat berikut ini.
  1. Judul harus relavan, maksudnya judul itu harus mempunyai pertalian dengan topiknya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian yang penting dari topik tersebut.
  2. Judul harus provokatif, maksudnya judul harus sedemikian rupa sehingga dapat menimbulkan keingintahuan dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan itu.
  3. Judul harus singkat, maksudnya judul tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. Bila tidak dapat dihindari judul yang panjang, pengarang dapat menempuh jalan keluar dengan menciptakan judul utama yang singkat dan judul tambahan yang panjang.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/02/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Merumuskan Topik dan Judul Laporan yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top