Cara Menulis Surat Balasan Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Balasan Lamaran Kerja - Apa yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, lembaga, atau instansi yang sedang merekrut tenaga kerja setelah menerima surat lamaran kerja dari para pelamar? Tentu saja perusahaan, lembaga, atau instansi tersebut akan mengambil keputusan menerima atau menolak.


Cara Menulis Surat Balasan Lamaran Kerja

Tidak semua surat lamaran yang masuk harus dibalas karena tidak semua surat lamaran itu memenuhi persyaratan. Untuk pelamar yang diterima, pihak perusahaan segera mengirimkan surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi panggilan untuk langsung bekerja atau untuk mengikuti tes selanjutnya. Jika pelamar diterima untuk langsung bekerja atau dipanggil untuk mengikuti tes selanjutnya, pihak perusahaan harus melakukannya dengan bijaksana.

Surat balasan harus menyatakan maksud panggilan, tanggal dan waktu yang disediakan, tempat untuk menghadap, dan dokumen yang harus dibawa. Bila pelamar berdomisili di tempat yang jauh dari alamat perusahaan, lembaga, atau instansi tersebut, perlu dipertimbangkan lamanya waktu pengiriman surat tersebut agar tidak terlambat sampai ke tangan pelamar. Seandainya pelamar tidak dapat memenuhi panggilan sesuai dengan waktu yang disediakan, lebih bijak bila pihak perusahaan menawarkan waktu  lain dalam batas tertentu.

Surat lamaran pekerjaan yang dikirim ke perusahaan atau instansi pemerintah tidak semuanya diterima. Pasti ada surat lamaran yang ditolak. Hal ini dapat terjadi karena lowongan yang tersedia terbatas atau surat lamaran itu kurang memenuhi persyaratan yang dituntut oleh perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

Jika perusahaan, lembaga, atau instansi tersebut menolak pelamar, hal itu hendaknya dilakukan secara bijaksana pula, yaitu dengan cara menyatakan terima kasih atas lamarannya, menyatakan penyesalan atas penolakan, dan memberikan perhatian serta harapan kepada pelamar pada kesempatan mendatang. Dengan demikian, pelamar mendapat kepastian tidak diterima dan tidak terlalu merasa kecewa.

Surat balasan lamaran pekerjaan biasanya dibuat oleh bagian personalia di perusahaan, lembaga, atau instansi. Bagian-bagian surat dan isinya harus sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/10/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Menulis Surat Balasan Lamaran Kerja yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top