Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia  - Manajemen Sumber Daya Manusia adalah Pendekatan terhadap manajemen manusia.Pendekatan terhadap manajemen manusia tersebut didasarkan pada nilai manusia dalam hubungannya dengan organisasi. Manusia merupakan sumber daya yang paling penting dalam organisasi, di samping itu efektivitas organisasi sangat ditentukan oleh manajemen manusia. Seperti dikatakan oleh Amstrong pendekatan terhadap manajemen manusia tersebut di dasarkan pada empat prinsip dasar.

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia

Pertama  sumber daya manusia adalah harta yang paling penting yang dimiliki organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi tersebut. Kedua keberhasilan ini sangat mungkin dicapai jika peraturan atau kebijaksanaan atau prosedur yang bertalian dengan manusia dari perusahaan tersebut saling berhubungan, memberikan sumbangan terhadap pencapaian tujuan perusahaan serta perencanaan strategis.

Ketiga, Kultur dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian yang terbaik. Karena itu kultur ini harus di tegakkan, yang berarti bahwa nilai organisasi mungkin perlu diubah atau ditegakkan, dan diupayakan secara terus menerus mulai dari puncak hendaknya kultur tersebut hendaknya dapat diterima atau dipatuhi. Keempat, Manajemen manusia berhubungan dengan integrasi : menjadikan semua anggota organisasi tersebut terlibat dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Aktivitas MSDM berawal sejak sebelum Perang Dunia Pertama sekitar tahun 1915. Semenjak Perang Dunia Pertama tersebut, militer Amerika serikat sedang mengembangkan suatu korps pengujian psikologi, suatu orang yang telah terlatih dalam peraktek-peraktek di ketiga tim tersebut kemudian menjadi manajer-manajer personalia di bidang industri. Telah diperolehnya selama perang dunia pada berbagai bidang perindustrian tersebut.

Di Amerika Serikat sendiri, pada mulanya SDM ini belum memperoleh perhatian tetapi perkembangan terakhir memperlihatkan banyak organisasi publik dana swasta yang memandang bahwa sumber daya manusia memberi kontribusi yang sangat berarti terhadap upaya pencapaian tujuan dan misi organisasi.

Memasuki abad 21, nampaknya cara pandang ini akan menjadi cara pandang usahawan Amerika. Amerika sangat berkepentingan terhadap perkembangan ekonomi global, pembentukan pasar tunggal Eropa dan menghadapi pesaing dari kawasan Asia. Oleh karena itu, berbagai organisasi perusahaannya membutuhkan karnyawan yang berpikiran kritis,dapat menyusun perencanaan strategis,dan memiliki kemampuan untuk berdaptasi terhadap berbagai perubahan.

Berbagai studi mengungkapkan bahwa MSDM dapat di pandang sebagai faktor pendorong peningkatan produktivitas dan mutu pelayanan.Oleh karena itu, unit organisasi yang mengangani MSDM harus tidak kalah menariknya dalam hal sistem pengajian maupun promosi jabatan. Pelaksanaan MSDM yang baik diyakini dapat meningkatkan efektivitas organisasi serta memberi keuntungan walaupun dalam suasana dalam penuh persaingan (Bernandin & Russel,1993).

Perkembangan MSDM didorong oleh kemajuan peradaban, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan tuntutan daya saing produksi barang dan jasa yang dihasilkan. MSDM sudah ada sejak adanya kerja sama dan pembagian kerja di antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan tertentu. MSDM ini pada mulanya terpadu dalam manajemen atau belum menjadi ilmu yang berdiri sendiri.
Para ahli pada abad ke-20 mengembangkan MSDM menjadi suatu bidang studi yang khusus mempelajari peranan dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi. Perkembangan MSDM didorong oleh masalah-masalah ekonomi, politis, dan sosial.

Masalah-masalah  ekonomis meliputi hal-hal berikut:
  1. Semakin terbatasnya faktor-faktor produksi menuntut agar sumber daya manusia dapat bekerja lebih efektif dan efisien.
  2. Semakin disadari bahwa sumber daya manusia paling berperan dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
  3. Karyawan akan meningkatkan moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerjanya jika kepuasan diperolehnya dari pekerjaannya.
  4. Terjadinya persaingan yang tajam untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas diantara perusahaan.
  5. Para karyawan semakin menuntut keamanan ekonominya pada masa depan.

Masalah-masalah politis meliputi  hal-hal berikut:
  1. Hak asasi manusia semakin mendapat perhatian dan kerja paksa tidak diperkenankan lagi.
  2. Organisasi buruh semakin banyak dan semakin kuat mengharuskan perhatian yang lebih baik terhadap sumber daya manusia.
  3. Campur tangan pemerintah dalam mengatur perburuhan semakin banyak.
  4. Adanya persamaan hak dan keadilan dalam memperoleh kesempatan kerja.
  5. Emansipasi wanita yang menuntut kesamaan hak dalam memperoleh pekerjaan.

Masalah-masalah sosial meliputi hal-hal berikut:
  1. Timbulnya pergeseran nilai didalam masyarakat akibat pendidikan dan kemajuan teknologi. Misalnya : anggapan anak akan memberikan jaminan hidup di masa tua berubah menjadi uang pensiun yang akan menjamin masa tuanya.
  2. Berkurangnya rasa kebanggaan terhadap hasil pekerjaan, akibat adanya spesialisasi pekerjaan yang mendetail.
  3. Semakin banyak pekerja wanita yang karena kodratnya perlu mendapat pengaturan dengan perundang-perundangan.
  4. Kebutuhan manusia yang semakin beraneka ragam, material dan nonmaterial yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Misalnya, masalah status sosial dan kesehatan.
Manajemen Sumber Daya Manusia ini akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan peradaban, teknologi, dan perundang-undangan negara-negara di dunia. Persaingan yang ketat di antara perusahaan dan semakin besarnya perhatian tentang hak asasi manusia akan mendorong timbulnya pendekatan-pendekatan yang lebih modern dan manusiawi dalam perburuhan. Pemerintah pun akan semakin besar campur tangannya dalam mengatur pemanfaatan sumber daya manusia untuk melindungi kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan agar tidak diperlakukan sewenang-wenang oleh pemilik perusahaan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 6/06/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top